Mahasiswa UIN Laksanakan KPM Inovatif di Aceh Barat

Sumberpost.com | Aceh Barat – UIN Ar-Raniry kembali mengirim mahasiswa peserta Kuliah Pengabdian Mmasyarakat (KPM). Program KPM kali ini disebut KPM Inovatif dalam rangka program Universitas Membangun Desa (UMD).

Peserta KPM Inovatif di Aceh Barat tersebut akan berada bersama masyarakat mulai 1 Januari 2017 hingga akhir Maret 2017. Pada gelombang ketiga ini ada 30 orang mahasiswa yang ikut pada program KPM Inovatif.

Kepala Biro AAKK UIN Ar-Raniry Jakfar Yacob, mewakili Rektor mengharapkan kepada mahasiswa peserta KPM agar benar-benar fokus dalam menjalankan kegiatan-kegiatan selama di sana dan diharapkan dapat menghasilkan inovasi yang berguna.

“Jika hal yang dibutuhkan oleh masayarakat adalah dalam hal pemberdayaan ekonomi, maka fokus kegiatan nantinya dapat dikembangkan pada pemberdayaan ekonomi, apalagi hal tersebut sesuai dengan tujuan utama dalam kegiatan tersebut,” ujarnya.

Kata Jakfar, selain fokus pada gerakan pemberdayaan ekonomi, mahasiswa juga dapat melakukan pembinaan dan membantu kegiatan-kegiatan sosial agama kemasyarakatan, seperti membantu Tempat pengajian anak, dan lainnya.

Hal yang juga penting menurutnya beradaptasi dengan lingkungan, oleh karena itu peserta pengabdian diharapkan dapat menyesuaikan diri bersosialisasi dengan masyarakat.

Jakfar menjelaskan, program KPM inovatif pertama yang dilakukan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Ar-Raniry secara tematik fokus dalam kegiatan pemberdayaan ekonomi berdasarkan potensi alam lokal yang ada di wilayah setempat.

Pada gelombang kedua dan gelombang ketiga akan melakukan dalam bentuk pendampingan untuk produksi dan promosi.

Turut hadir Prof. Eka Srimulyani sebagai koordinator program KPM inovatif, Kepala PSGA LP2M Inayatillah dan sejumlah panitia Universitas Membangun Desa.

Sementara itu, Camat Arongan Lambalek, Aceh Barat, Mawardi, dalam sambutannya pada acara serah terima peserta KPM yang berlangsung di Aula Kantor Camat tersebut mengatakan, pihaknya menyambut baik program yang telah dirancang oleh UIN Ar-Raniry.

“Kami menyampaikan penghargaan kepada pimpinan UIN Ar-Raniry atas pilihannya wilayah ini menjadi lokasi pengabdian mahasiswa, karena kegiatan seperti ini sangat membantu masyarakat, dapat memfasilitasi untuk lebih kreatif dalam melahirkan inovasi-inovasi,” ujarnya. [Rilis]

Foto: istimewa

Mungkin Anda Menyukai