Eva Hazmaini: Penulis Harus Kritis

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dalam menulis berita wartawan harus mempublish berita dengan fakta dan jelas serta kritis.

Hal itu dijelaskan Eva Hazmaini selaku pemateri pada kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) di ruang Teater Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh pada hari Sabtu, (14/10/2023).

“Dalam menulis berita kita harus mempublish berita yang fakta dan jelas untuk dapat ditayangkan terutama harus terdapat nilai positif dari dalam berita, tanpa harus ada unsur sara didalamnya, selain itu ia juga berharap agar penulis harus lebih kritis,” jelasnya.

Eva juga menambahkan, dalam proses menulis berita kita bisa memulainya malalui pengamatan langsung dari lapangan.

“Kita dapat menulis berita dengan mulai turun langsung ke lapangan dengan cara mencari berita, mengumpulkan, mengedit dan mempublish kepada khalayak banyak,” lanjut Eva.

Disisi lain, peserta PJTD, Fathin Hamami menyampaikan, kegiatan ini dapat membantu peserta mengenal dan mengerti teknik menulis berita dan fotografi.

“Dengan adanya kegiatan ini dapat membantu peserta PJTD Sumberpost dapat lebih mengenal dan mengerti bagaimana cara penulisan berita dan teknik-teknik fotografi,” pungkasnya.[]

Reporter: Zuraida

Editor: Julia Makhrami