Bekali Pelajar Materi Fotografi dan Videografi, UKM Pers DETaK Adakan YJF

Sumberpost.com | Banda Aceh – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers DETaK Universitas Syiah Kuala (USK) menggelar Pelatihan Young Journalist Fest (YJF) 2023 dengan tema “Eksplorasi Kebebasan Berekspresi dan Kreativitas Digital Melalui Jurnalisme Pelajar” mulai 28-29 Oktober 2023 di Ruang Kaca, Gelanggang Lantai 2, USK, Sabtu (28/10/2023)

Pelatihan ini berfokus pada materi fotografi dan videografi, dengan narasumber videografi yaitu Hidayatullah, jurnalis dari BBC News dan narasumber fotografi yaitu Fendra Trisna, pendiri Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) Aceh.

Dalam sambutannya, pimpinan umum DETak, Muhammad Abdul Hidayat berharap agar pelatihan ini bisa melatih para peserta dalam minat di dunia perkontenan.

“Kami berharap dengan adanya pelatihan ini bisa melatih adik-adik di bidang fotografi dan videografi dan jika ada yang berminat untuk terjun di dunia perkontenan, jangan lupa kaidah jurnalistik karena itu penting sekali,” ucap Abdul.

Kemudian disisi lain, Prof Mustanir selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan USK, dalam sambutannya menambahkan, agar para peserta bisa menjadi bagian dari relawan reportase yang baik.

“Sekali lagi mudah-mudahan dengan niat kalian membangun kemanusiaan yang seharusnya tau bagaimana yang benar dan yang tidak benar, paling tidak kedepan ini kalian bisa menjadi relawan reposrtasi yang baik dan seharusnya,” harapnya.

Pelatihan YJF merupakan kegiatan pelatihan yang menyasar 30 siswa/i perwakilan dari 15 sekolah Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA) sederajat se-Banda Aceh dan Aceh Besar.

Salah satu peserta YJF, Naura Amalia pelajar dari SMA 5 Banda Aceh menuturkan harapannya agar setelah mengikuti pelatihan ini skill dalam mengedit video dan skill jurnalistika dapat meningkat dan lebih bagus lagi.

“Semoga kedepannya dengan diadakannya kegiatan ini, skill edit video kami lebih bagus lagi, terus lebih teliti lagi dalam memilih kata-kata, dan juga skill jurnalistik kami lebih meningkat,” pungkas Naura. []

Reporter: Rina Hayati
Reporter: Julia Makhrami