7 Rekomendasi Minuman Sahur Yang Sehat Agar Puasa Tahan Seharian

Sumberpost.com | Banda Aceh – Salah satu tips agar puasa tahan seharian dan tubuh kita tetap sehat adalah dengan memperhatikan pilihan minuman saat makan sahur. Memilih minuman dengan bijaksana saat sahur merupakan salah satu kunci menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama berpuasa. Seringkali, orang cenderung hanya memperhatikan makanan untuk sahur dan mengabaikan pentingnya asupan cairan.

Ketidakseimbangan ini, dapat membuat tubuh terasa lemas sepanjang hari karena kurangnya energi yang diperoleh saat sahur. Untuk menghindari hal tersebut, mimin telah mengumpulkan beberapa pilihan minuman yang dapat membantu Sobat SP menjalani puasa dengan kuat sepanjang hari. Yuk, simak tips berikut !

1.         Air putih

Air putih adalah minuman yang paling sederhana dan penting dikonsumsi selama sahur. Air putih dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan membuang  berbagai macam racun serta kotoran ditubuh melalui air seni dan fases. Maka dari itu, dengan mengonsumsi air putih saat sahur akan membantu membersihkan usus besar sekaligus membantu penyerapan nutrisi dari makanan dengan baik.

Sebagaimana yaang telah direkomendasikan oleh para ahli, Sobat SP perlu mengonsumsi 2 liter air atau setara dengan 8 gelas setiap harinya. Khusus pada bulan Suci Ramadhan, kita bisa minum 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka dan 4 gelas ketika makan malam.

2.         Jus buah segar

Pada dasarnya, buah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, karena kaya akan vitamin dan antioksida yang baik untuk tubuh. Sobat SP dapat mencampurkan berbagai jenis buah untuk mendapatkan nutrisi yang beragam. Jus buah segar dapat menjadi rekomendasi minuman saat sahur. Namun, hindari menambahkan gula tambahan dan pastikan untuk memilih buah-buahan yang segar dan matang.

3.         Susu

Susu merupakan sumber protein yang baik, mengandung nutrisi penting seperti kalsium,vitamin D, vitamin B12, dan zat besi. Ini semua merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang, sistem saraf, dan pembentukan darah. Meminum susu saat sahur juga dipercaya dapat menurunkan potensi tubuh merasa cepat lapar. Karena, susu mengandung karbohidrat, protein, dan lemak yang dapat memberikan energi yang cukup untuk memulai hari puasa dengan baik.

Namun perlu di ingat, pilih susu rendah lemak atau susu nabati untuk mengurangi asupan lemak jenuh dan kolestrol. Sobat SP juga dapat menambah sedikit madu atau kurma untuk memberikan rasa manis alami loh!

4.         Air kelapa

Air kelapa adalah minuman yang menyegarkan serta mengandung elektrolit alami yang dapat membantu mengganti cairan dan elektrolit yang hilang selama berpuasa. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu mencegah gangguan pencernaan. Air kelapa juga rendah kalori dan rendah lemak, sehingga membuat air kelapa ini dijadikan rekomendasi minuman sehat untuk sahur.

5.         Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan kuat yang disebut polifenol. The hijau dapat membantu meningkatkan metabolisme dan menjaga kesehatan jantung. Meminum secangkir teh hijau hangat tanpa gula atau tambahan lainnya selama sahur dapat memberikan dorongan energi yang dibutuhkan selama hari puasa.

6.         Smoothies

Smoothies bisa dijadikan rekomendasi minuman sahur setelah makan. Sobat SP bisa menggunakan buah-buahan beku, sepertu pisang beku dan stroberi beku yang dapat menciptakaan smoothies lebih kental dan memberikan efek kenyang lebih lama.

Smoothies sayuran dan buah juga termasuk cara untuk mendapatkan asupan serat dan nutrisi penting lainnya. Dengan mencampurkan sayuran hijau seperti bayam dengan buah-buahan seperti pisang, stroberi, atau blueberry, maka akan menjadikan smoothies kaya akan vitamin dan mineral. Sobat SP juga bisa menambahkan protein tambahan seperti yoghurt  atau protein bubuk tanpa rasa untuk meningkatkan kandungan protein.

7.         Infus water

Minum infus water dapat membantu menghidrasi tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dan mencegah dehidrasi selama puasa. Infus water dibuat dengan menggunakan buah-buahan dan herbal, seperti lemon, mint, atau timun dapat memberikan nutrisi tambahan seperti vitamin dan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Rasa dan aroma dari infus water yang segar dapat memberikan sensasi menyegarkan serta membangkitkan semangat saat sahur, membantu mengurangi rasa kantuk dan kelelahan. Mengonsumsi infus water dapat menambah variasi dalam menu sahur dan memperkaya nutrisi selama bulan puasa.

Memilih minuman sehat selama sahur adalah kunci untuk menjaga keseimbangan nutrisi dan cairan selama bulan puasa. Pastikan untuk mencoba berbagai pilihan minuman yang direkomendasikan di atas ya. Untuk memastikan tubuh Sobat SP mendapatkan nutrisi yang cukup saat menjalani puasa, ingatlah juga untuk membatasi minum minuman yang mengandung kafein dan gula tambahan, serta tetap terhidrasi dengan cukup. []

Reporter : Nadifa Rahmah Putri

Editor : Anzelia Anggrahini