Mahasiswa KPM Desa Suka Makmur Adakan Lomba Islami Syiar

Sumberpot.com | Banda Aceh – Menyambut momentum bulan Ramadhan dengan penuh semangat, Kuliah Pengapdian Masyarakat (KPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Desa Suka Makmur mengadakan lomba syiar ramadhan dengan tema “Menciptakan Generasi Kreatif, Islami dan Berpretasi dalam Momentum Bulan Suci Ramadhan” di kampung Suka Makmur, kecamatan wih pesam, kabupaten bener meriah yang dilaksanakan dalam waktu 2 hari yaitu pada tanggal 24 dan 25 Maret 2024.

Ketua kelompok KPM desa Suka Makmur, Ahmad Riyan Arifin mengatakan, kegiatan ini bertujuan mendorong dan meningkatkan motivasi belajar anak-anak.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mendorong dan meningkatkan motivasi belajar anak-anak desa suka makmur, terutama dalam ilmu-ilmu agama. Serta menjadi wadah untuk mencari genarasi muda yang kreatif, islami dan berpretasi,” ungkapnya.

Kegiatan ini mengadakan 4 jenis perlombaan diantaranya adalah Lomba hafalan juz amma, pidato islami, cerdas cemat dan azan. Peserta kegiatan ini merupakan Anak-anak usia 6-12 tahun yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD) dan merupakan anak-anak Desa Suka Makmur. Total peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 45 orang.

Kelompok KPM Desa Suka Makmur juga berkolaborasi dengan Santri Pondok Pesantren Lirboyo, Jawa Timur yang juga melakukan pengabdian masyarakat berupa safari dakwah di Desa Suka Makmur tersebut. Santri Pondok Lirboyo turut andil dalam mensukseskan acara tersebut dengan berkontribusi sebagai juri lomba.

Puncak kegiatan ini dilakukan di Mesjid Al-Ihsan Desa Suka Makmur dan dihadiri oleh seluruh Perangkat Desa Suka Makmur yang terdiri dari Petue, Reje, Sekretaris Desa, 5 orang Kepala Dusun, dan Kaur.

Kegiatan ini berjalan dengan khidmat dan di isi dengan ceramah singkat dari santri Pondok Pesantren Lirboyo, Jawa Timur. Kegiatan ini ditutup dengan Buka Puasa Bersama yang diikuti oleh seluruh peserta dan perangkat desa serta beberapa orang masyarakat setempat. [Rel]