Tips Hilangkan Rasa Bosan Saat Kuliah Daring

Pandemi Covid-19 belum juga hilang. Hal tersebut membuat sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Swasta mengambil sikap untuk memperpanjang masa perkulihan daring. Keputusan itupun sontak membuat seluruh mahasiswa khawatir akan nasib kuliah mereka kedepan.

Impian tahun 2021 kembali melakukan kuliah tatap muka pun sirna. Belum lagi rasa bosan yang sudah bersarang.

Namun teman-teman jangan khawatir ya. Perkuliahan daring juga dapat dilakukan tanpa rasa bosan, mau tau rahasianya? Yuk kita simak beberapa tips untuk menghilangkan rasa bosan saat kuliah daring.

1. Lakukan dengan hati yang tulus

Segala pekerjaan apabila kita mengerjakan dengan hati yang tulus dan ikhlas semua akan menyenangkan. Nah begitu juga dengan perkuliahan. Jangan kita asik mengomel dengan sistem kuliah daring karena itu tidak akan mendatangkan titik terang. Kenyataan yang sekarang kita hadapi adalah salah satu bentuk ujian melatih kesabaran. Maka lakukanlah dengan hati yang ikhlas agar ilmu yang kita peroleh menjadi amalan yang abadi, bukan ilmu yang singgah lalu pergi.

2. Pilih tempat yang nyaman

Ternyata kuliah daring tidak hanya memberikan sisi negatifnya saja, kuliah daring juga dapat memberikan sisi positifnya. Bagaimana tidak, dengan kuliah daring kita bisa memilih tempat ataupun lokasi belajar sesuai selera kenyamanan. Nah, tempat belajar yang nyaman membuat mood dan semangat menjadi baik. Tips ini sangat berfungsi untuk mengusir rasa kebosanan.

3. Biasakan mandi sebelum daring

Hayo siapa nih yang mengikuti perkuliahan daring tidak mandi pagi? Pantesan aja bosan, kuliahnya aja masih dalam tikar hehe.

Perlu teman-teman ketahui, ternyata mandi pagi banyak sekali manfaatnya loh. Salah satunya yaitu dapat meningkatkan semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Jadi tidak ada lagi alasan nih tidak semngat kuliah daring ya. Ayo budayakan mandi sebelum daring, seperti kita budayakan mandi sebelum berangkat kuliah luring.

4. Siapkan cemilan

Nah untuk membuat kuliah daringmu lebih menyenangkan, teman-teman bisa siapkan cemilan sebagai pengusir rasa bosan kalian. Selain dapat mengusir bosan, dengan cara mengemil juga konsentrasi otak meningkat karena kadar glukosa yang diubah menjadi energi meningkat untuk disalurkan ke otak.

5. Hindari mengerjakan tugas mepet deadline

Ini adalah kebiasaan buruk yang dipraktekan kebanyakan mahsiswa. Menunda-nunda dan mengerjakan tugas mepet waktu deadline dapat membuat tugas menumpuk dan akhirnya malah membuat kalian menjadi stress karena banyaknya tugas yang belum siap. Akhirnya malas hadir dengan iringan ocehan  ‘kuliah daring membosankan’.

Itulah beberapa tips untuk menghilangkan rasa bosan dimasa perpanjangan kuliah daring ini. Semoga bermanfaat, selamat mencoba. []

Penulis: Saadatul Abadiah