UIN Ar-Raniry Luluskan 2.162 Mahasiswa pada Wisuda Gelombang III

Sumberpost.com | Banda Aceh – Universitas Negeri Islam (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh meluluskan 2.162 wisudawan program pascasarjana dan sarjana, Tahun Akademik (TA) 2023/2024, di Gedung Auditorium Prof Ali Hasjmy Darussalam Banda Aceh, Selasa (19/9/2023).

Terdiri dari 30 orang lulusan Program Doktor, 117 lulusan Program Magister dan 2.015 orang lulusan Program Sarjana (S1) dari 9 Fakultas.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Mujiburrahman dalam amanatnya menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan berharap kelak ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat bagi peningkatan kapasitas pribadi dan menjadi duta-duta ditengah masyarakat.

“Selamat dan semoga ilmu yang diperoleh kiranya memberi manfaat bagi peningkatan kapasitas pribadi dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara ini, serta menjadi duta-duta di tengah kehidupan masyaraka,” tutur Prof Mujiburrahman dihadapan para wisudawan.

Lebih dulu, Wakil Rektor (Warek) I Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Muhammad Yasir Yusuf dalam laporannya menyebutkan pada rapat senat terbuka wisuda sarjana S1 Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024 berhasil meluluskan 2.163 lulusan.

Pada Fakultas Syari’ah dan Hukum 307 orang, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 705 orang, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat 111 orang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi 185 orang, Fakultas Adab dan Humaniora 132 orang.

Kemudian, untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 224 orang, Fakultas Sains dan Teknologi sebanyak 194 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan 115 orang, dan Fakultas Psikologi sebanyak 42 orang.

“Berdasarkan predikat kelulusan, lulusan dengan predikat cumlaude sebanyak 421 lulusan, predikat pujian sebanyak 531 lulusan, predikat sangat baik sebanyak 1.121 lulusan dan predikat baik sebanyak 89 lulusan,” ujar Muhammad Yasir Yusuf dalam laporan tertulis.

Lebih lanjut Muhammad Yasir Yusuf menambahkan bahwa UIN Ar-Raniry pada wisuda gelombang ke III berhasil meluluskan 30 orang mahasiswa asing asal Malaysia.

“Pada wisuda gelombang ke III ini UIN Ar-Raniry meluluskan 30 lulusan mahasiswa asing yang berasal dari Malaysia,” ujarnya.

Wisudawan gelombang ke III menjadi lulusan terbanyak dari kedua gelombang sebelumnya. Jumlah keseluruhan wisudawan sebanyak 4.803 lulusan, dan ini terbanyak dalam 3 tahun terakhir. Adapun lulusan dengan prestasi terbaik dari masing-masing Fakultas dan Pascasarjana berjumlah 11 lulusan. []

Reporter: Lukluk Chasanah
Editor: Raudhatul Jannah