Marak Terjadi Saat Ini, LDF Al-Mizan Adakan Forum Group Discussion Kasus Bunuh Diri

Sumberpost.com | Banda Aceh – Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Al-Mizan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala (USK) adakan kegiatan Forum Group Discussion dengan tema “Menyikapi Fenomena Bunuh Diri di Kalangan Pemuda Aceh” di Aula Dinas Syariat Islam (DSI), Minggu (15/10/2023).

Kegiatan ini turut menghadirkan empat pemateri sekaligus diantaranya Irwan M. Jamil (keynote speaker), Nadhira Rizki Fatanah (psikolog), Cut Intan Arifa (PPD NKPI Aceh), dan Regina Fadillah (trainer pendidikan pemerhati generasi muslim).

Keynote Speaker, Irwan M. Jamil yang sekaligus pemateri selama berlangsungnya acara tersebut dalam paparannya menuturkan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka memahami dan mencoba mendistribusikan pemahaman kita terhadap masyarakat dan mahasiswa agar terhindar dari bunuh diri.

“Kita semua disini dalam rangka memahami dan mencoba mendistribusikan pemahaman kita terhadap masyarakat dan mahasiswa sehingga agar terhindar dari bunuh diri. Dalam Al-Quran sudah jelas bahwa bunuh atau membunuh itu adalah dosa besar, jadi mau beribu masalah yang kita hadapi jangan bunuh diri tetapi cari alasan untuk tetap hidup,” tuturnya.

Disamping itu Nadhira Rizkia Fatha sebagai psikologi juga menjelaskan, bunuh diri adalah tindakan sengaja yang menyebabkan kematian pada diri sendiri dengan faktor penyebab yang beragam.

“Kalau kita lihat kasus bunuh diri yang terjadi belakangan ini, saya melihat sebuah kesamaan, mereka itu awalnya bukan orang yang tipikal pendiam atau suka murung, justru bunuh diri sering terjadi pada orang yang dikenalnya ceria tiba-tiba bunuh diri, makanya penting bagi kita kita ini untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar,” jelasnya.

Selain itu Cut Intan Arifah selaku pemateri kepemudaan (PPD KNPI Aceh) mengatakan, fenomena bunuh diri banyak sekali terjadi di kalangan pemuda. Penyebab dan faktor bunuh diri itu banyak dan salah satunya adalah depresi.

“Penyebab dan faktor bunuh diri itu banyak dan salah satunya depresi, depresi ini adalah salah satu bentuk kondisi kesehatan mental yang sering pemuda atau gen Z yang dibarengi rasa cemas penyebab depresi ini biasanga karena reaksi suatu perilaku, misalnya bulian, kekerasan,” katanya.

Disisi lain Regina Fadhilla, selaku pemateri perspektif islam menegaskan, bunuh diri melalui perspektif Islam.

“Muslim itu ibarat satu tubuh ketika satu sakit anggota tubuh yang lain akan ikut sakit sama halnya ketika saudara kita bunuh diri siapa yang seharusnya khawatir adalah kita karna kita muslim yang ibaratnya satu tubuh dan kenapa harus membahas dalam perspektif islam itu karena cuma islam satu-satunya agama yang menganggap saudara itu satu tubuh,” tegasnya.

Kegiatan ini bertujuan agar setiap mahasiswa baik yang bergabung dalam Lembaga LDF maupun mahasiswa umum mampu menjadi pelopor dalam mengatasi terjadinya fenomena bunuh diri yang semakin menjamur dikalangan masyarakat saat ini. []

Reporter: Ade Sisil Adila (Mag)

Editor: Julia Makhrami