Menumbuhkan Pemimpin Berkarakter Islami, PSP2SB Gelar Pelatihan Kepemimpinan Untuk Mualaf

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pusat Studi Pengembangan dan Pembinaan Saudara Baru (PSP2SB) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh suksek menggelar pelatihan kepemimpinan pengajian kelompok mualaf di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Kamis, (28/03/2024).

Pelatihan kepemimpinan pengajian kelompok mualaf ini diselenggrakan selama 2 hari (27-28 Maret) dan dibuka secara langsung oleh Dr.Kusumawati Hatta selaku Dekan FDK UIN Ar-Raniry, Banda Aceh. pelatihan ini adalah kegiatan kedua kalinya yang diselenggarakan di FDK UIN Ar-Raniry, yang diikuti oleh 25 peserta mualaf.

Dr. Rasyidah, selaku ketua PSP2SB menerangkan bahwa kegiatan pengajian ini sangat dibutuhkan untuk para mualaf, karena mereka memiliki kelompok dengan latar belakang yang sama. Tetapi permasalahannya disini kelompok pengajian mualaf ini tidak banyak yang bertahan lama, karena diantara dari mereka masih kurang dalam hal kepemimpinan, sehingga banyak yang salah mengambil keputusan, pertengkaran dan problem internal lainnya.

“ Dari sini kita menemukan masalah dan mencoba mengintervensi masalah dengan membuat pelatihan kepemimpinan untuk para mualaf,” Ungkap Rasyidah.

Lanjut Rasyidah, pelatihan kepemimpinan ini akan terus bergulir, karena terdapat modul yang berguna untuk para mualaf dan Rasyidah juga mengharapkan bahwa dengan modul yang sudah dibuat ini mendapat dukungan oleh banyak pihak sehingga di kabupaten yang lain bisa membuat pelatihan yang sama dengan menggunakan modul tersebut.

“ Saya sudah 3 tahun berkecimpung di dunia mualaf ini, saya sangat berharap kita sebagai seorang muslim harus bisa merangkul kuat mereka sebagai saudara baru kita. saya juga berharap agar mereka dapat memiliki semangat membantu, menolong, dan membesarkan kelompok mereka,” Tegas Rasyidah.

Kemudian, Lisdawati Siregar salah satu peserta dalam pelatihan tersebut mengungkapkan rasa senangnya terhadap kegiatan yang berlangsung selama 2 hari itu. Lisdawati juga mengharapakan agar kegiatan ini terus berkelanjutan.

“Bagus kegiatan ini, dan kesannya Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini, insyaallah dalam kelompok pengajian kami mulai tergambar dipemikiran mereka kalau pemimpin yang dulu kami anggap keras atau berpihak ke salah satu pihak, ternyata ada tahapan yang harus dibutuhkan,” Ucap Lisdawati.

Pelatihan kepemimpinan pengajian kelompok mualaf ini ditutup secara langsung oleh Dr. Sabirin selaku Dekan III FDK UIN Ar-Raniry, Banda Aceh [Rel]