Authonius Jimmy Silalahi : Hoax Sama Dengan Teroris

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pelaku penyebar hoax sama dengan teroris. Hal itulah yang diungkapkan Authonius Jimmy Silalahi, anggota dewan pers saat menyampaikan materinya pada Kegiatan yang bertajuk “Literasi Digital sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Masyarakat melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh” di Hotel Mekkah, Lampriet, Banda Aceh, Kamis (15/3/2017).

“Kalau anda menyebarkan hoax maka anda akan kelihatan sama dengan teroris,” tegas Jimmy.

Sambung dia sekarang teroris dan jaringannya sedang memperhatikan generasi muda untuk bisa menjalankan misi mereka, oleh karena itu jika masyarakat bisa menelan mentah-mentah informasi hoax dari mereka maka masyarakat akan menjadi pasukan teroris.

Pada kesempatan itu Jimmy juga mengingatkan kepada para jurnalis agar tak sembarangan dalam mengutip sumber berita.

“Dan jangan sekali-kali media pers itu mengambil informasi dari media sosial, karena media sosial itu bukan pers,” ujar dia.

Selain itu dia juga mengatakan verifikasi berita merupakan hal terpenting dalam pengajian sebuah pemberitaan. “Media sosial bukanlah produknya berita karena media sosial itu bercampur antara informasi yang belum diverifikasi dan yang sudah diverifikasi sedangkan berita adalah informasi yang sudah diverifikasi yang dihasilkan oleh wartawan dan wartawan itu tidak boleh bohong dalam menyampaikan berita,” jelas dia.[rsk]

Rika Novia

Mungkin Anda Menyukai