Ayo Sukseskan Sensus Penduduk Online 2020

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sensus penduduk (SP) adalah perhitungan jumlah penduduk secara periodik. Data yang dicapai, biasanya bukan saja meliputi jumlah orang, tetapi juga fakta mengenai jenis kelamin, usia, bahasa, dan hal-hal lain yang dianggap perlu. 

Sensus penduduk dimulai dari tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) memperpanjang batas waktu pelaksanaan sensus penduduk 2020 sampai 29 Mei 2020 lantaran adanya Virus Corona (COVID-19).

Sahabat Sensus Aceh, Yuliana mengatakan cara pengisian sensus online secara mandiri dengan cara membuka laman sensus.bps.go.id serta berkas yang perlu disiapkan yaitu Kartu Keluarga (KK), dan Buku Nikah jika ada.

“Caranya, buka link sensus.bps.go.id lalu login menggunakan Nomor Induk Keluarga (NIK) dan No. Kartu Keluarga (KK),” katanya saat dihubungi via WhatsApp (WA), Kamis (30/4/2020).

Selain itu, bagi yang tidak mengerti cara pengisian sensus penduduk online, dapat menghubungi Sahabat Sensus. Mereka yang menjadi sahabat sensus adalah Mahasiswa/i dan Dosen.

Yuliana menambahkan, tugas Sahabat Sensus yaitu mensosialisasikan sensus online kepada masyarakat, membantu mengisi sensus bagi yang tidak mengerti cara pengisiannya, dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam mengisi sensus penduduk online.

Biasanya Sahabat Sensus akan membantu masyarakat yang dekat dengan rumahnya saja, jika yang jauh, dapat melalui WhatsApp (WA), Instagram, dan media sosial lainnya. Hal ini dilakukan karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk interaksi secara langsung.

“Kami hanya membantu secara langsung ke rumah-rumah di sekitar atau yang dekat saja,  tapi kalau yang jauh via online baik wa, ig, fb dsb,” jelasnya.

Setelah dilakukan pengisian oleh Sahabat Sensus dan membutuhkan bukti jika sudah melakukan pengisian, tinggal login lalu download bukti pengisiannya.

“Bukti pengisian bisa didownload setelah login menggunakan no.KK dan NIK dan masukkan  password yang sudah dibuat,” kata Yuliana.

Putri Paras Dilla, sahabat sensus Aceh lainnya berharap agar bisa membantu masyarakat untuk mendata dirinya dan ikut mengajak semua orang berpartisipasi untuk kemajuan Indonesia.

“Harapan saya, agar semua orang ikut berpartisipasi atas kemajuan Indonesia,” Ujarnya.

Sensus penduduk pada umumnya dilaksanakan pada tahun yang berakhiran “0” atau dalam jangka waktu sepuluh tahun. Mari #MencatatIndonesia. []

Reporter : Hasni Hanum
Editor : Uswatul Farida