DT Peduli Aceh Gandeng Asrama IPAU Distribusikan Al-Qur’an di Aceh Utara dan Pidie Jaya

Sumberpost.com | Banda Aceh – Kepala Cabang DT Peduli Perwakilan Aceh, Kurniawan dalam keterangannya mengatakan bahwa DT Peduli Perwakilan Aceh mendistribusikan sebanyak 400 Paket Al Qur’an dan Iqra ke seluruh Aceh dalam kegiatan program Tebar Al-Qur’an Ke Pelosok Negeri Berbagi Berkah Ramadhan tahun 1441 H. Ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh DT Peduli. Adapun Al-Qur’an ini merupakan Waqaf ataupun titipan para donatur yang menitipkan hartanya melalui DT Peduli.

Tahun lalu, program prioritas nasional Daarut Tauhiid ini telah menyalurkan 15.610 paket Al-Qur’an dan Iqra ke seluruh pelosok negeri.

Pada Ramadhan kali ini, khusus untuk wilayah Aceh utara dan  Pidie Jaya, ada sejumlah 210 Paket Al Qur’an dan Iqra yang akan disalurkan melalui relawan dari asrama Ikatan Pemuda Aceh Utara (IPAU).

Koordinator Relawan, Martin Nassa’i mengatakan, relawan asrama IPAU dipercaya untuk mendistribusikan paket tersebut ke  sebelas titik yaitu sembilan titik di Aceh Utara dan selebihnya di Pidie Jaya.

Adapun yang menjadi indikator kelayakan dayah mendapatkan paket Al-Qur’an ini dilihat dari jumlah santri dan kebutuhan dayah tersebut akan kesediaan Al-Qur’an. Selain itu, relawan juga bertugas untuk melakukan survei terhadap Dayah-Dayah yang membutuhkan bantuan.

“Adanya relawan Asrama IPAU juga mengambil peran untuk menyurvei dayah-dayah yang membutuhkan bantuan Al-Qur’an sehingga saat pendistribusian nanti manfaatnya jelas dapat dirasakan,” kata Martin.

Ia menambahkan, ketersediaan Al-Qur’an yang layak dan mencukupi merupakan impian sebagian besar Pengurus masjid, musala dan TPQ serta dayah di pelosok Aceh. Kebutuhan Al-Qur’an maupun iqro meningkat  seiring kesadaran muslim memasuki Bulan suci Ramadhan dengan memperbanyak mentadaburi Al-Qur’an di bulan mulia ini. Dalam hal ini, DT Peduli terus mengajak masyarakat untuk ikut serta menjadi donatur waqaf Al-Qur’an, agar semakin banyak Al-Quran yang dapat ditebar ke seluruh pelosok Aceh nantinya. [rel]