Prodi Kesos Bahas Upaya Mewujudkan Keberfungsian Sosial kelompok Rentan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Prodi Kesejahteraan Sosial (Kesos) UIN Ar-Raniry kembali mengadakan Kuliah Umum yang membahas tentang mewujudkan Keberfungsian Sosial kelompok rentan, di Ruang Multimedia ICT UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Rabu (10/3/2021).

Kuliah Umum yang mengangkat tema “Sinergitas dunia industri (CSR) dalam mewujudkan Keberfungsian Sosial kelompok rentan (disabilitas dan lansia) itu dilakukan dalam rangka membuka kuliah semester baru.

Pada kuliah umum itu, Prodi Kesos turut menghadirkan dua Narasumber diantaranya Pengiat LSM Forum Bangun Aceh (FBA), Asnawi Nurdin, S.Pd, M.Ed dan Senior Manager CSR & Corcomm PT Mifa Bersaudara Azizon Nurza, SPi, MM, MBA, MIPR sebagai Narasumber Kuliah Umum tersebut.

Sekretaris Prodi Kesos, Nurul Husna mengatakan, Kuliah Umum tersebut dilaksanakan dalam rangka pembukaan kuliah semester genap, serta sudah menjadi tradisi bagi Prodi Kesos agar memberi modal bagi mahasiswa untuk memulai kuliah.

“Kuliah umum ini diadakan karna berangkat dari kepedulian kita terhadap kelompok rentan disabilitas dan lansia. Selain dari itu, acara untuk membuka kuliah dan sebagai modal awal bagi mahasiswa kita untuk memulai kuliah,” kata Nurul

Hadir sebagai pemateri, pegiat LSM FBA, Asnawi Nurdin, mengungkapkan bahwa masalah terbesar yang di hadapi oleh kelompok rentan (disabilitas dan lansia) untuk mengembalikan keberfungsian sosial adalah karena kurangnya motivasi diri, kurangnya akses pendidikan dan ekonomi. Hal ini lah yang selalu menekan stigma buruk kepada kelompok rentan tersebut.

“Masalah terbesar yang dihadapi oleh disabilitas adalah kurangnya motivasi diri, masalah ekonomi, kurangnya jejaring atau hal lain yang membuat disabilitas semakin didiskriminasi” ujar Asnawi.

Lanjutnya, kelompok rentan memerlukan bimbingan secara menyeluruh untuk mengembalikan keberfungsian sosialnya. Penyebabnya karena kelompok rentan tersebut sudah terbiasa menerima bantuan sosial.

“Disabilitas tidak bisa dibantu hanya satu kali, mereka memerlukan bimbingan secara menyeluruh dalam mengembangkan potensi dirinya untuk mengembalikan Keberfungsian Sosial,” sebut Asnawi

Sementara itu, Manager CSR & Corcomm PT Mifa Bersaudara, Azizon Nurza, mengatakan industri memiliki tanggung jawab sosial untuk memecahkan permasalahan-permasalahan sosial yang terjadi dalam masyarakat.

Di sisi lain, Wadek III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), T Lembong Misbah mengharapkan melalui kuliah umum tersebut dapat dijadikan ruang untuk berbagi ilmu dan dapat mengasah keilmuan bagi mahasiswa Prodi Kesejahteraan Sosial umumnya.

“Besar harapan kuliah umum ini bisa menjadi ruang untuk menambah keilmuan mahasiswa, khususnya mahasiswa Kesos sendiri,” katanya. [Rel]