IMABID/KIP-K Gelar Orientasi Mahasiswa KIP-K 2020

Sumberpost.com | Banda Aceh – Ikatan Mahasiswa Bidikmisi/KIP-K (IMABID/KIP-K) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UIN Ar-Raniry) mengadakan Orientasi Mahasiswa KIP-K 2020 dengan tema “Revitalisasi Mahasiswa Bidikmisi/KIP-K yang Berkarakter Islami, Intelektualitas Serta Berdaya Saing Tinggi Demi Kemajuan UIN Ar-Raniry” di Aula STKIP BBG Banda Aceh, Sabtu (27/3/2021).

Ketua panitia, Muharil Al-Annas menyebutkan, jika tujuan acara ini adalah sebuah upaya agar terbentuknya jiwa kepemimpinan yang tangguh dalam organisasi.

“Tujuan acara ini adalah sebagai wujud untuk terbentuknya jiwa kepemimpinan yang tangguh dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa dibanggakan oleh kampus,” jelasnya.

Dalam pembukaan acara juga dihadiri oleh Rektor UIN Ar-Raniry yang diwakilkan oleh Fuad Mardhatillah yang menyampaikan, jika mahasiswa harus menjadi manusia yang terus belajar dan peka terhadap lingkungan.

“Mahasiswa adalah manusia yang belajar, bukan hanya di ruang kelas, tetapi di mana saja termasuk di lapangan, masyarakat dan di mana pun dia berkembang, senantiasa peka terhadap lingkungan dan menjadi agen perubahan,” katanya.

Menjadi intelektual itu bukan harus bertengger di langit, tetapi senantiasa terlibat dalam pergolakan di masyarakat.

Ketua KIP-K, Aris Munandar dalam hal ini berharap, agar mahasiswa yang memiliki kesempatan mendapatkan beasiswa Bidikmisi mampu menggunakannya dengan sebaik mungkin.

“KIP-K merupakan beasiswa terbesar di UIN Ar-Raniry, jadi manfaatkan sebaik-baiknya dan ikut berkontribusi terhadap kampus biru, jangan sekadar menerima uang saja,” harapnya.

Aris juga menekankan, bahwa penerima KIP-K bukanlah mahasiswa yang bodoh, melainkan mahasiswa yang tidak mampu secara finansial namun berprestasi, oleh sebab itu teruslah menggali kemampuan diri.

“Kembangkan kreativitas akademik, peka terhadap sosial masyarakat dan terus menggali skill yang dimiliki,” tutupnya.

Mengenai seleksi KIP-K, hanya 425 mahasiswa yang lolos dari sekitar 2000 mahasiswa yang mendaftar.

Adapun orientasi ini menghadirkan tiga pemateri diantaranya, tentang Kepemimpinan oleh Ramlan Zuhair Pulungan, Pengorganisasian dan Pengenalan IMABID/KIP-K oleh Aris Munandar serta Motivator dari Ramadhanus. []

Hasni Hanum