Timen Wah, Buah khas Bulan Ramadhan yang Kaya Khasiat

Sumberpost.com | Banda Aceh – Bulan Ramadhan selain waktu yang tepat untuk memperbanyak amal ibadah, juga identik dengan menu khas yang terkadang hanya bisa dijumpai di bulan itu saja. Salah satunya Timen Wah atau yang lebih dikenal sebagai Timun suri.

Mengonsumsi buah ini saat Ramadhan seakan menjadi tradisi yang yang tidak bisa ditinggalkan. Bukan hanya itu, buah ini juga kaya khasiat terutama bagi orang yang berpuasa.

Meskipun banyak diminati oleh berbagai kalangan, omzet penjualan timun suri sebenarnya tidak selalu berada dipuncak, dengan kata lain hanya timun suri yang memiliki kualitas baik mampu mencapai omzet tinggi, tapi tidak berlaku dengan timun suri kualitas kurang baik.

Idris, petani timun suri mengatakan, biasanya kualitas timun suri ditentukan oleh keadaan cuaca.

“Sebenarnya pencapaian dari pemasaran timun suri bisa dibilang lumayan, dengan harga mencapai Rp 12.000 perbijinya. Tapi itu juga didukung dengan keadaan sekitarnya, kalau misalnya musim hujan harganya lebih murah bahkan bisa jadi setengah dari harga biasanya dan bisa jadi lebih buruk dari itu,” tegasnya. Sabtu, (24/4/2021).

Meskipun menggunakan nama timun, pada dasarnya buah ini merupakan bagian dari keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae). Timun suri mengandung berbagai nutrisi seperti asam linoleat, vitamin A, vitamin C, kalium, potasium, dan magnesium, dari berbagai nutrisi. Berbagai kandungan tersebut sangat berkhasiat bagi tubuh.

Lantas apa saja manfaat timun suri bagi tubuh? Berikut ulasannya.

  1. Sebagai Sumber Antioksidan
    Berbagai zat antioksidan yang terkandung dalam timun suri diantaranya termasuk vitamin C, beta karoten, flavonoid, serta triterpan dan lignan yang memiliki sifat anti-inflamasi. Kandungan zat tersebut sangatlah dibutuhkan oleh tubuh, dengan ketersediaan timun suri disaat ramadhan seperti ini sangat baik untuk memenuhi nutrisi secara serentak jika mengonsumsinya meskipun tidak rutin.
  2. Menjaga Kesehatan Mata
    Selain mengandung berbagai zat yang dibutuhkan tubuh seperti yang telah disebutkan di atas, timun suri juga memiliki beberapa kandungan yang berguna bagi kesehatan mata seperti vitamin A, asam askorbat, serta asam caffeic, dengan begitu tidak perlu ragu untuk mengonsumsi timun suri.
  3. Menghidrasi Tubuh/ Mencegah Dehidrasi
    Dengan kandungan yang kaya akan serat dan air, timun suri mampu menghidrasi kembali tubuh setelah berpuasa seharian bukan hanya itu mengonsumsi timun suri juga mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama.
  4. Mencegah Peningkatan Gula
    Karena rasanya yang tidak terlalu manis dan juga kandungan karbohidrat yang kompleks, timun suri sangat bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal itu disebabkan lonjakan gula darah yang tidak mampu dikontrol, terlebih lagi ketika bulan puasa yang mayoritas menu berbukanya lebih didominasi oleh makanan manis.

Jika dilihat dari manfaatnya, timun suri sangat cocok untuk menetralisir berbagai zat yang dikonsumsi saat berbuka puasa, tidak heran jika terus saja jadi buah incaran di setiap bulan Ramadhan. []

Reporter : Nurul Hidayah