Studi Laboratorium Siswa MAN 4 Aceh Besar Kunjungi Lab Biologi FTK UIN Ar-Raniry

Sumberpost.com | Banda Aceh – Program Studi Pendidikan Biologi (PBL) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry menerima kunjungan Studi Laboratorium Siswa MAN 4 Aceh Besar di Lab Biologi FTK UIN Ar-Raniry, Sabtu (23/10/2021).

Ketua Prodi Pendidikan Biologi, Samsul Kamal mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membekali siswa tentang keterampilan praktikum, sehingga siswa dapat melakukan pembuktian dari teori-teori yang sudah dipelajari di ruang kelas.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membekali siswa tentang keterampilan praktikum, sehingga siswa dapat melakukan pembuktian dari teori-teori yang sudah dipelajari di ruang kelas,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan praktikum ini juga merupakan realisasi dari MoU yang dilakukan antara MAN 4 Aceh Besar dengan Prodi PBL FTK UIN Ar-Raniry. Serta salah satu perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi dosen-dosen sehingga kehadirannya menjadi lebih bermanfaat bagi masyarakat/sekolah.

“Merupakan salah satu perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi dosen-dosen Program Studi Pendidikan Biologi, sehingga kehadiran Prodi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry menjadi lebih bermanfaat bagi masyarakat/sekolah,” katanya.

Dosen Prodi PBL, Nurlia Zahara, mengatakan praktikum yang diadakan untuk melatih keterampilan siswa dalam meningkatkan kemampuan biologi, karena terdapat materi tertentu yang masih terkendala di sekolah, sehingga alat di lab biologi bisa menjadi menjadi wadah dalam melaksanakan kegiatan praktikum baik untuk sekolah, olimpiade dan penelitian.

“Praktikum yg dilakukan oleh lab PBL untuk melatih keterampilan siswa dalam meningkatkan kemampuan biologi, karena ada materi tertentu di sekolah yang masih terkendala di alat sehingga berguna untuk kegiatan praktikum sekolah, olimpiade maupun penelitian,” katanya.

Nurlia berharap, dengan adanya kegiatan ini siswa di sekolah bisa merasakan proses praktikum yang berlangsung di lab dan menambah wawasan siswa serta menjalin kerjasama meningkatkan mutu pendidikan terutama melalui pendidikan.

“Dengan kegiatan ini siswa di sekolah bisa merasakan bagaimana proses praktikum yg berlangsung di lab dan menambah wawasan para siswa, menjalin kerjasama dgn sekolah demi membangun dan meningkatkan mutu pendidikan,” ujarnya.

Adapun peserta yang hadir diantaranya guru pendamping dari sekolah bidang biologi, asisten lab, pengelola lab dan ketua prodi PBL. []

Reporter : Hasni Hanum