Masyarakat Pulo Breuh Terima Traktor

Sumberpost.com | Banda Aceh – Masyarakat Pemukiman Pulo Breuh Selatan, Kecamatan Pulo Aceh, menerima bantuan satu unit mobil bajak sawah traktor dari dinas Pertanian Aceh Besar, Rabu (18/11/2015) lalu.

Traktor berjenis roda empat ini, terlebih dahulu diterima oleh masyarakat melalui camat Pulo Aceh. Sebelum diresmikan oleh pihak dinas pertanian kemarin , Senin (23/11/2015) di desa Gugop.

Bantuan traktor roda empat itu merupakan bantuan bersumber dari Pagu Indikasi Kecamatan (PIK) yang disalurkan melalui dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar.
Pemukiman Breuh Selatan terdapat delapan desa yaitu, Lampuyang, Lhoh, Paloh, Blang Situngkoh, Ulee Paya, Gugop, Seurapong dan Teunom. Traktor berjenis roda empat ini telah lama diiginkan oleh masyarakat, dan baru terealisasikan pada penghujung 2015.

Mukim Pulo Breuh Selatan, Sofyan Abdullah, yang menerima langsung bantuan tersebut mengatakan, selama ini masyarakat hanya menggunakan mobil bajak berjenis Traktor roda dua, sedangkan Traktor roda empat ini lebih memudahkan masyarakat saat melakukan proses pembajakan sawah.

“Traktor itukan jenis lama dan cukup melelahkan masyarakat saat setelah panen besar,” ujar Sofyan, usai membentuk kelompok tani, Sabtu (22/11/2015) lalu.

Lanjutnya, pihak masyarakat juga telah membentuk kelompok tani “Hudep Meurata (Hidup Merata)”. Dan diketuai oleh Zulkifli, sebagai pengelola dibidang pertanian dalam pemukiman Pulo Breuh. Namun terkait sistem pembahagian penggunaan mobil tersebut akan disepakati kembali oleh setiap kepala desa.

Sofyan berharap, dengan adanya bantuan ini semoga masyarakat bisa bertindak adil dan dipergunakan dengan sebaik mungkin. “Masyarakat sangat senang, karena dengan adanya mobil ini 50% mengurangi beban petani. Dan saya berharap agar dikelola dengan sebaik mungkin,” tutupnya. []

Zuhri Noviandi