UIN Ar-Raniry dan Kota Subulussalam Jalin Kerja Sama

Sumberpost.com | Banda Aceh – UIN Ar-Raniry dan Pemerintah Kota Subulussalam menjalin kerja sama dibidang peningkatan mutu pendidikan di daerah tersebut. Penandatanganan naskah kerja sama ditandatangani oleh Rektor UIN dan Wakil Wali Kota Subulussalam, pada Rabu (3/8/2016) di Ruang Sidang Rektor UIN Ar-Raniry.

Rektor UIN Ar-Raniry, Farid Wajdi Ibrahim mengatakan, UIN Ar-Raniry saat ini terus berupaya untuk berkembang dan terus mendidik generasi muda di seluruh Aceh. Oleh karena itu, kata Rektor, penandatanganan naskah kerja sama dengan Pemerintah Subulussalam merupakan langkah untuk membantu generasi muda menempuh pendidikan di UIN Ar-Raniry.

“Kepada mahasiswa (asal Subulussalam) tersebut nantinya juga akan diupayakan beasiswa, Rektor akan berkoordinasi dengan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama untuk membantu mencari solusi,” kata Farid.

Ia berharap, mahasiswa asal Kota Subulussalam yang kurang mampu dan memiliki prestasi baik dapat melanjutkan pendidikan di universitas tersebut.

Terkait dengan upaya perguruan tinggi membantu untuk pemerataan pendidikan di daerah, khususnya daerah tertinggal, terjauh dan terluar (3T), Kota Subulussalam merupakan salah satu wilayah yang masuk kategori 3T.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Subulussalam, Salmaza mengatakan, Kota Subulussalam sebagai salah satu daerah yang terletak di ujung dan terjauh dari ibukota Provinsi Aceh, masih punya banyak kekurangan dan ketertinggalan termasuk di bidang pendidikan.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada UIN Ar-Raniry yang telah menerima dan melakukan kerja sama ini, walau sebenarnya UIN Ar-Raniry telah membantu putra-putri Subulussalam sejak tiga tahun lalu, untuk itu kami sangat terbantu,” ujarnya.

Salmaza mengharapkan, kedepan pendidikan di Subulussalam akan terus dapat ditingkatkan. Menurutnya, kerja sama seperti yang pihaknya dengan UIN Ar-Raniry lakukan sangat membantu generasi muda Subulussalam untuk membangun daerah di masa mendatang.

“Pejabat dan tokoh agama di Subulussalam saat ini banyak dari alumni IAIN (sekarang-UIN Ar-Raniry), semoga apa yang telah dilaksanakannya dapat diteruskan oleh alumni-alumni lain di masa akan datang.,” tutur Salmaza. [Rilis]