Dayah Al-Muslimun Aceh Utara Kunjungi UIN Ar-Raniry

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 104 siswa Dayah Terpadu Al-Muslimun Lhoksukon Aceh Utara mengunjungi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Selasa (6/3/2018) di Aula Lt III Gedung Rektorat UIN Ar-Raniry. Kunjungan tersebut dalam rangka untuk  memperkenalkan perguruan tinggi bagi siswa-siswi di dayah tersebut.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan, Muhibbutthabary memberikan motivasi kepada para siswa yang hadir pada kegiatan sosialisasi tersebut, Dia mengajak kepada siswa untuk mendaftar ke UIN Ar-Raniry malalui jalur penerimaan yang sedang berlangsung dan yang akan dibuka nantinya.

Muhibbutthabary menyebutkan, di antaranya ada lima jalur yang dibuka dalam penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2018 ini, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), seleksi bersama masuk perguruan tinggi (SBMPTN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan penerimaan mahasiswa baru (PMB) lokal UIN Ar-Raniry.

“Ke lima jalur masuk tersebut dapat dilihat pada brosur atau pengumuman pada website atau laman resmi UIN Ar-Raniry atau masing-masing website tersebut, terkait dengan syarat dan jadwalnya telah dicantumkan pada informasi tersebut,” ujarnya.

Pimpinan Dayah terpadu Al-Muslimun, H. Arif Rahmatillah Jakfar mengatakan, kunjungan para siswa dari Dayah Al-Muslimun ke UIN Ar-Raniry dalam rangka untuk memperkenalkan dunia perguruan tinggi bagi siswa-siswi, khususnya kelas III Aliah.

“Ini merupakan kegiatan tahunan Dayah Al-Muslimun, kami berharap ada kesinambungan pendidikan bagi mereka untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi seperti UIN Ar-Raniry ini,” ujarnya.

Arif mengaku bahwa sebelumnya juga telah digelar pelatihan untuk pemetaan dalam memilih program studi di perguruan tinggi, beberapa orang narasumber yang diundang merupakan dosen dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

“Kami berharap pertemuan ini dapat menjadi ikatan yang baik, ke depan dapat terus berlanjut dalam rangka memberikan motivasi dan bimbingan dalam memilih kuliah setelah mereka selesai di bangku sekolah,” kata Arif.

Sementara itu, Kepala Bagian Akademik Fadhli, M.Pd mengatakan, UIN Ar-Raniry telah melakukan sosialisasi masuk perguruan tinggi tahun 2018, program tersebut sedang dan akan berlangsung selama beberapa minggu ke depan, ke seluruh Aceh.

“Kami melakukan sosialisasi ini, dalam rangka memberikan pemahaman kepada siswa tingkat akhir pada masing-masing sekolah, dengan mengirim utusan ke kegiatan sosialisasi di UIN ini, agar nantinya mereka dapat meneruskan informasi tersebut kepada teman-temannya di sekolah,” ujarnya.

Dia menambahkan, program sosialisasi masuk perguruan tinggi dilakukan dengan beberapa metode, antara lain tim dari Akademik mengunjungi sekolah-sekolah yang dipilih di seluruh Aceh, ada juga perwakilan sekolah diundang ke UIN Ar-Raniry, atau sekolah-sekolah yang mengunjungi UIN akan diberi pencerahan dan kiat-kiat dalam memilih prodi dan perguruan tinggi.

“Kami juga telah melakukan sosialisasi ke daerah-daerah pada sekolah-sekolah di seluruh Aceh, kami membentuk tim dan telah berjalan, hal tersebut dilakukan untuk memberikan informasi dan dilakukan disikusi dengan pihan pimpinan sekolah bersama siswanya,” kata Dia. [rilis]