Merasakan Sensasi Liburan di Pucok Krueng Abdya

Sumberpost.com | Aceh Barat Daya – Berbicara destinasi wisata, Aceh seakan tiada habisnya dalam menyajikan panorama alam yang benar-benar alami bagi para pecinta alam.

Melepas penat merupakan salah satu alasan untuk mengunjungi tempat wisata. Terlebih di moment liburan.

Bergerak 353 Kilometer dari Kota Banda Aceh, destinasi wisata pemandian dengan nuansa alam yang masih asri menjadi salah satu pilihan. Terletak di Desa Alue Selaseh, Kecamatan Jumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). 15 menit dari pusat kota Blang Pidie.

Pucok Krueng, begitu warga setempat menyebutnya. Disebut “Pucok Krueng”, karena tempat wisata ini berada di hulu sungai Desa Alue Sungai Pinang.

Pengunjung menikmati keindahan alam Sungai Pucok Krueng, Aceh Barat Daya, Selasa (14/1/2020). Foto : Rianza Alfandi

Di tempat ini wisatawan bisa menikmati suguhan ekosistem yang masih alami. Dinginnya air nan segar yang mengalir di sepanjang sungai membuat pengunjung serasa berendam di air es.

Kondisi air yang seperti ini, dipengaruhi oleh rindangnya tanaman dan banyaknya bebatuan besar yang berada di sekitar aliran sungai.

Tak hanya menikmati sensasi sungai yang jernih. Dari tempat ini, pengunjung juga bisa menikmati proses panen pala yang dilakukan oleh petani pala setempat.

Karena kondisinya yang masih asri, pengunjung yang hendak ke sini, bisa membawa bekal dari rumah atau memesan aneka makanan yang tersedia.

Biasanya, pengunjung yang datang ke tempat ini merupakan rombongan yang melakukan kegiatan masak bersama, seperti bakar-bakar ayam dan lain sebagainya.

Menikmati hidangan sambil berendam setengah badan menjadi hal yang biasa, bahkan terasa lebih nikmat jika berada di tempat ini.

Mahlil, salah satu pengunjung yang menikmati kesejukan destinasi wisata tersebut mengaku sangat nyaman dan tenang dengan suasana yang disajikan di tempat tersebut.

“Tempat wisata Pucok Krueng ini merupakan tempat wisata yang sangat nyaman menurut saya, karena selain suasananya yang nyaman juga airnya yang jernih dan sejuk,” katanya, Selasa (14/1/2020).

Tak perlu merogoh kocek untuk merasakan sejuknya air dari pegunungan tersebut, untuk menikmati tempat ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Aliran sungai yang dikelilingi kebun pala milik warga tersebut akan sangat ramai dikunjungi ketika ada perayaan hari besar, seperti setelah lebaran, libur sekolah, dan libur nasional.

Pelancong yang menikmati destinasi wisata tersebut tidak hanya warga Abdya, melainkan dari wilayah Nagan Raya, Meulaboh, Tapaktuan serta dari daerah lainnya.

Penasaran akan tempat ini? Tunggu apalagi?

Reporter : Rianza Alfandi (mag)