Kolaborasi Mahasiswa Melayu Serumpun lll Bangun Literasi Di Penghujung Negeri Nusantara

Sumberpost.com | Banda Aceh – Kelompok KKN Melayu Serumpun III, posko Gampong Lamtui berkolaborasi membangun taman baca guna terbentuknya budaya literasi di kalangan anak-anak gampong Lamtui yang berada di mukim Keuluang, Kecamatan Jaya, Aceh Jaya, Minggu (24/7/2022).

Kurangnya budaya literasi merupakan permasalahan umum yg sering terjadi, di penghujung negeri, penyebabnya dikarenakan minimnya ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai bagi anak-anak untuk memenuhi kebutuhan mereka di bidang edukasi, khususnya dalam hal literasi baca tulis.

Darurat literasi yang terjadi saat ini segera di benahi dengan penanganan yang serius. karena anak-anak merupakan aset peradaban bangsa, merekalah yang akan menjadi penentu masa depan Indonesia, bagaimana Indonesia kedepannya maka lihatlah bagaimana generasi mudanya.

Sungguh sayang jika melihat anak-anak yang minat bacanya begitu tinggi namun tidak adanya fasilitas dan ruang untuk mereka menyalurkan kemampuannya tersebut. Berawal dari rasa prihatin dan Peduli literasi mengharuskan kita untuk segera membenahi permasalahan yang terjadi, kolaborasi kelompok mahasiswa KKN Melayu Serumpun lll ini berhasil mencetuskan ide untuk mendirikan sebuah taman baca gampong.

Menanamkan pentingnya literasi baca tulis terhadap generasi muda dengan menyediakan taman baca dan memberikan pemahaman pentingnya budaya literasi sejak dini kepada mereka. Berdirinya taman baca merupakan kerja nyata mahasiswa KKN lll posko Gampong Lamtui, ikhtiar dalam membangun literasi di penghujung negeri ini juga dibarengi dengan hadirnya perpustakaan keliling (perpusling).

Salah satu anggota KKN Melayu Serumpun lll posko Lamtui, M. Rosyid Rabbani menuturkan, taman baca tersebut merupakan inisiatif mahasiswa dengan tujuan terwujudnya budaya literasi.

“Program taman baca ini merupakan upaya konkret penguatan budaya literasi di gampong yang diinisiasi oleh mahasiswa dari PTKIN se-Sumatra dengan tujuan untuk mendorong budaya literasi meningkatkan minat baca agar tercipta generasi muda yang cerdas dan berkarakter,” tutur M. Rosyid Rabbani.

Jamaluddin yang merupakan keuchik lamtui juga sangat mengapresiasi dan memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan taman baca tersebut.

“Saya sangat mendukung pembangunan taman baca yang dibangun oleh mahasiswa KKN Melayu Serumpun, harapannya semoga taman baca ini terus berkembang dan bermanfaat secara berkelanjutan,” ujarnya.

Harapan yang sama juga ikut disampaikan oleh pihak kelompok mahasiswa KKN Melayu Serumpun yang diwakili oleh Silvi Rahmadani, keinginan literasi merupakan bentuk dari mimpi yang harus diwujudkan dengan berbagai usaha.

“Bangkitnya literasi merupakan mimpi yang harus segera diwujudkan, proses tersebut butuh pengorbanan dan kerja keras. Hingga saat ini pengumpulan donasi terus di gencarkan guna memaksimalkan ketersediaan buku, dan alat penunjang taman baca lainnya,” pungkasnya. [Rel]