Resmi Dibuka, PBAK UIN Ar-Raniry Tahun Akademik 2023/2024 Diikuti 4. 219 Mahasiswa Baru

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 4.219 mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Banda Aceh, resmi mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun akademik 2023/2024 yang berlangsung di dua tempat yaitu Auditorium Ali Hasyimi dan Lapangan UIN Ar-Raniry selama 15-16 Agustus 2023.

Kegiatan yang bertemakan “Terjaga Adat geutanyoe (Adat Yang Kana Beugot Tajaga, Adat yang Ban Na Beucarong Tanilai), ini dibuka langsung dengan persembahan Rapa’i dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sanggar Seni Seulaweut.

Dalam sambutannya Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Mujiburrahman mengucapkan, selamat datang dan selamat terpilih kepada para Mahasiswa Baru di UIN Ar-Raniry Banda Aceh di kampus kebanggaan rakyat Aceh.

“Selamat datang kami ucapkan kepada 4. 219 mahasiswa yang terpilih dari 12 ribu orang yang mendaftar menjadi mahasiswa UIN Ar-Raniry ini,” kata Rektor dalam sambutannya di Auditorium Ali Hasyimi, Selasa (15/8/2023).

Rektor juga berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk fokus dalam kegiatan perkuliahan dan ekstrakurikuler dengan benar dan dapat menyelesaikan kuliah 7 dan 8 semester dengan tepat waktu.

“Kami harapkan mahasiswa menggunakan kesempatan ini dengan benar jangan terlalu lama dan lalai untuk menyelesaikan perkuliahan,” lanjutnya.

Disisi lain Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Ar-Raniry, Prof Dr Saifullah Idris menjelaskan, PBAK 2023 ini akan dilaksanakan di dua tempat

“ PBAK 2023 ini akan dilaksanakan di dua tempat yang berbeda yaitu di Auditorium Ali Hasyimi yang diikuti oleh 2.070 mahasiswa dan di lapangan UIN Ar-Raniry yang diikuti oleh 2.149 mahasiswa,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, PBAK yang berlangsung selama hari ini dan besok sebagai pembukaan dan juga pengenalan tentang akademik secara umum. Sedangkan PBAK yang berlangsung pada tanggal 18 -19 akan diserahkan kepada Fakultas masing-masing.

Salah satu mahasiswa baru, Muslimah prodi Bimbingan Konseling (BK) mengatakan, kegiatan PBAK ini sangat berkualitas dengan pengenalan kampus yang terstruktur dengan penampilan-penampilan yang bagus.

“Kegiatan PBAK ini sangat menarik bagi saya dengan cara pengenalan kampus yang memutar video menarik dan saya suka mengikuti rangkaian acara ini,” pungkasnya. []

Reporter: Nadifa Rahma putri