Fakultas Dakwah Gelar Stadium General Perbankan Syariah

Banda Aceh Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar stadium general tentang perbankan islam  Kamis, (21/3) di Aula utama kampus setempat.SG_FD

Dekan Fakultas Dakwah Abdul Rani Usman mengatakan, kuliah umum atau yang sering disebut stadium general ini terselenggara berkat kerjasama antara Fakultas Dakwah dengan Bank Aceh Syariah.

“Kerjasama antara Fakultas Dakwah dengan Bank Aceh telah lama terjalin, kegiatan ini merupakan tindak lanjut untuk melaksanakan program-program baru baik dibidang magang mahasiswa maupun sosialisasi perbankan islam kepada masyarakat,” kata Dekan.

Dia mengharapkan, kerjasama ini dapat meningkat hubungan emosional dan hubungan spiritual, serta dibidang akademik yang berkaitan dengan manajemen dan system perbankan.

Kuliah umum itu diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa di lingkungan Fakultas Dakwah, serta beberapa orang dari karyawan Bank Aceh Syariah. Pemateri yang mengisi kuliah disampaikan langsung oleh Direktur Bank Aceh Haizir Sulaiman SH.

Sementara Haizir Sulaiman usai memberikan materi mengatakan, Bank Aceh Syariah telah melakukan kerjasama dengan berbagai kemunitas atau lembaga, di sekolah dan kampus, juga di instansi pemerintahan lainnya.

“ini dilakukan semata untuk mensosialisasikan kepada masyarakat nasabah dan calon nasabah pada Bank Aceh Syariah, agar dapat mengetahui apa itu bank syariah”.

Selain itu Bank Aceh Syariah juga telah membentuk komunitas-komunitas lain, diantanya Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) dan Indonesian Islamic Business Forum (IIBF). Ujar Haizir

Sebelumnya, dalam materi kuliah umum Haizir disampaiakan, ada beberapa pedoman atau landasan sehingga bank sberbasis syariah ini dibentuk, diantaranya dikatakan ada empat konsep nilai ekonomi berdasarkan sifat Rasul, Shiddik yang artinya benar, Amanah yaitu dapat dipercaya, Fatanah (cerdas) dan Tabliq yaitu menyampaikan.

Lebih lanjut disebutkan, juga ada empat konsep ekonomi islam yang berdasarkan karakteristik syariah, Rabbaniyyah, Akhlaqiyyah, Al waqi’iyyah dan Insaniyyah yang dipahami saat ini merupakan humanis atau kemanusiaan. [nat/ril]

Mungkin Anda Menyukai