“Tarbiyah Sebaiknya Tidak Buka Jurusan Seperti FKIP”

Sumberpost.com | Banda Aceh – Fakultas Tarbiyah sebaiknya tidak membuka jurusan yang sudah ada di FKIP. Hal ini di sampaikan Dr.Wildan,Mpd, Pembantu Dekan III FKIP Universitas Syiah Kuala saat memberi materi di Studium General. Kegiatan itu diadakan Lembaga Pendidikan dan Tenaga Keguruan (LPTK) UIN Ar-raniry Banda Aceh, Rabu (20/11).

Hal itu katanya lantaran banyak tenaga pengajar  terutama di tingkat SMA yang dibutuhkan tetapi tidak ada jurusannya. “Seperti pendidikan Pertanian, Grafika, dan lain sebagainya,” katanya.

Acara yang bertema penguatan LPTK Islami dalam konteks UIN Ar-raniry Banda Aceh ini merupakan acara rutin yang di adakan setiap tahunnya. Dihadiri 130 orang yang terdiri dari kalangan mahasiswa, Dosen, dan Civitas Akademika UIN AR-raniry.

Dekan Fakultas Ilmu Tarbiah dan Keguruan (FITK), DR. Muhibbuthabry, M.Ag. tidak ada perbedaan antara LPTK umum dengan LPTK Islami, karena islam itu tetap ada di dalamnya. Hanya saja menurutnya, ini merupakan sibrah atau warna khas dari lembaganya.

Pendidikan islam sendiri bertujuan melatih fitrah manusia karena sudah ada sejak  ia lahir. “Fitrah manusia itu adalah asmaul husna yang sudah ada sejak dia lahir,” kata Prof. Dr. H Jamaluddin, M.Ed yang merupakan salah satu pemateri dari acara itu. [Wardatul Jannah]