Ini Pesan SBY untuk Presiden Selanjutnya

Sumberpost.com – Mendekati akhir masa jabatan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap kepada presiden selanjutnya untuk meneruskan pembenahan. “Saya tinggal 11 bulan, saya serahkan ke pengganti saya. Dilanjutkan pemberesannya,” kata Presiden SBY saat membuka acara Kompas 100 CEO Forum di Jakarta, Rabu (27/11/2013).

Farrymochtar.deviantart.com
Farrymochtar.deviantart.com

Presiden berharap agar pemerintahan selanjutnya tetap terus menjaga sinergi. Misalnya, antara pemerintah dan parlemen tidak boleh terus-menerus bertentangan. Selain itu, sinergi juga mesti dijaga antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Menurut Presiden, masih ada banyak kekurangan di jajaran pemerintah sehingga sinergi diperlukan.

Selain itu, tambah SBY, dibutuhkan juga sinergi pemerintah dengan dunia usaha, baik dengan badan usaha milik negara (BUMN) maupun swasta. Kerja sama internasional juga tidak bisa diabaikan.

Presiden lalu menyinggung ramalan bahwa Indonesia bakal jatuh dari peta politik dunia. Namun, katanya, dengan kebersamaan seluruh rakyat Indonesia, ramalan itu tak pernah terjadi. Menurutnya, setiap tantangan berat yang menimpa Indonesia bisa dilewati bersama-sama.

This is our spiritThis is spirit yang harus kita jaga. I trust you all rekan-rekan penerus pemerintahan ini, pengganti saya dan semua yang pernah memimpin negara ini. Mulai dari Bung Karno, Pak Harto, Pak Habibie, Gus Dur, Bu Mega, dan saya sendiri,” pungkas SBY.[kompas.com|Ilustrasi Devianart]

Mungkin Anda Menyukai