JMSPS Adakan Konferensi Cendikiawan Muslim

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dinas Syariat Islam Propinsi Aceh bekerjasama dengan Jaringan Masyarakat Sipil Peduli Syariat (JMSPS) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, akan menggelar Konferensi Cendikiawan Muslim Developing the New Roadmap of Sharia Implementation in Aceh selama dua hari, mulai  20 hingga 21 agustus 2014.

Panitia kepesertaan dan kesekretarian, Laila Juari mengatakan, konferensi ini digelar mengingat roadmap Syariat Islam, akan menjadi pedoman lembaga-lembaga pemerintahan di Aceh untuk jangka panjang, maka penting kiranya semua kalangan yang bercita-cita membangkitkan kembali peradaban Islam di Aceh untuk ikut berkontribusi memberi masukan.

 “Jadi dalam konferensi ini nanti akan menghadirkan pakar-pakar dari Internasional dari negeri jiran dan 40 pakar lokal, serta 10 praktisi yang terbagi dalam berbagai bidang keilmuan,” ujar Laila saat ditemui Sumberpost, Selasa (19/8).

Pakar Internasional yang akan hadir yaitu Prof. Dr. Amawati Binti Suhit dari University Putra Malaysia, Prof. Dr. Mustafa Bin Hamat dari Institute Islamic University Malaysia, Prof. Dr. Abdul Rashid Moten dari International Islamic University Malaysia, dan dari Aceh sendiri yaitu Prof. Dr. Syahrizal Abbas Kepala Dinas Syariat Islam Propinsi Aceh.

Ia melanjutkan Kegiatan yang akan dilaksanakan di Aula Pasca Sarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini bertujuan untuk menggalang pemikiran cendikiawan terkemuka dalam bidang Islamisasi pendidikan, ekonomi, tatakelola pemerintahan dan reformasi hukum Islam.

“Dari konferensi ini juga kita berharap dapat menurunkan wacana kilmuan terkait Islamisasi Pendidikan, ekonomi, tatakelola pemerintahan, dan reformasi hukum Islam ke dalam rumusan langkat-langkah praktis, serta terukur sesuai dengan konteks Aceh,” tutupnya.

Darashynny