Mahasiswa Kunjungi Makam Mantan Rektor UIN Ar-Raniry

Sumberpost.com | Banda Aceh – Puluhan mahasiswa dari Keluarga UIN Ar-Raniry, Selasa, (16/9) kemarin berziarah kubur ke makam rektor IAIN (sekarang UIN) ke delapan, Safwan Idris di kawasan Meunasah Papen, kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. Kunjungan makam tersebut bertepatan dengan 14 tahun meninggalnya Almarhum akibat ditembak oleh orang tak dikenal.Ziarah makam

 Salah seorang mahasiswa UIN yang menginisiasi kunjungan tersebut, Muhammad Qafrawi kepada sumberpost mengatakan, kunjungan itu bertujuan untuk mengenang jasa yang telah dilakukan oleh rektor masa itu untuk kampus biru.

“Beliau kan orang pertama yang ingin menjadikan IAIN saat itu menjadi UIN. Namun sayang beliau di tembak oleh orang tak dikenal pada tahun 2000 sehingga perjuangan itu terhenti. Alhamdulillah juga saat masa Rektor sekarang (Farid Wajdi Ibrahim) mimpi Almarhum Safwan bisa terwujud,” ungkap Qafrawi.

Dalam kunjungan yang dilakukan sore itu, hadir mahasiswa dari berbagai fakultas yang ada di kampus, baik Tarbiyah, Adab, Syariah, Dakwah maupun Ushuluddin.

Qafrawi berharap dengan menganang perjuangan Almarhum, harus menjadi semangat mahasiswa kampus untuk terus berjuang memperoleh ilmu baik yang bersifat agama maupun umum. “Kita kan harus mengambil hikmah dari perjuangan beliau dulu,” pungkas mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora itu.

Hingga kini, pelaku kasus tersebut belum terungkap. Pada hari yang sama Aliansi Alumni dan Mahasiswa Syariah (Amarah) UIN Ar-Raniry, sempat melakukan aksi menuntut pengungkapan pelaku kejahatan tersebut cepat ditemukan.[]

Rayful | Foto: Abdul Hadi Firsawan

Mungkin Anda Menyukai