Ini Kata Prof Karim Douglas Crow Mengenai ISIS

Sumberpost.com | Banda Aceh – Profesor dari negeri Jiran Malaysia, Karim Douglas Crow mengatakan pemimpin kelompok Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS, Abu Bakr Al Baghdadi mempunyai pemikiran yang sangat sederhana mengenai syariat islam.

Mengutip perkataan seorang profesor dari Islamic University yang mengatakan impian ISIS untuk membentuk negara khalifah sudah pernah terjadi pada masa lalu. Namun, dengan teknologi yang berkembang saat ini,  di nilai tidak bisa di terapkan lagi.

“Apa yang di impikan ISIS tidak bisa di laksanakan lagi pada masa sekarang,” kata Karim di Museum Safwan Idris kampus UIN Ar-Raniry, Selasa (24/2/2015).

Menurutnya, upaya untuk mewujudkan syariat oleh ISIS saat ini hanya untuk kepentingan politik sekelompok orang saja. Lanjutnya, ISIS sangat suka dengan mitos khalifah kendati tidak memahaminya.

“Saat masa Turki Usmani nama Khalifah di ganti dengan Sultan. Umat Islam sendiri masih bisa eksis dan hidup setelah itu,” ujar Karim. “Taktik yang di gunakan Al Baghdadi terkesan kejam dan tidak berkemanusiaan, bahkan tidak sesuai dengan syariat Islam,” lanjutnya.

Kendati demikian, kata Karim, dalam Islam sendiri sebelum ISIS muncul sudah ada tren seperti ISIS. Abu Bakr Al baghdadi yang membangun ISIS dengan cara otoriter di nilai akan menjadi bumerang bagi kelompok tersebut. []

Abdul Hadi Firsawan

Mungkin Anda Menyukai