Rektor Luncurkan Sholat Dhuha Berjamaah

Sumberpost.com | Banda Aceh –  Rektor UIN Ar-Raniry Farid Wajdi Ibrahim resmi meluncurkan kegiatan sholat dhuha berjamaah yang diusung Dewan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (DEMA-FTK) UIN Ar-Raniry pada Rabu (29/4/2015) di gedung B fakultas tersebut.

Dibawah tenda, ratusan mahasiswa dan dosen memadati halaman tengah gedung B ketika kegiatan berlangsung. Setelah sholat, juga ada tausiah. Recananya, kegiatan itu akan digelar rutin setiap bulan.

Rektor Farid Wajdi Ibrahim mengatakan, dalam sholat berjamaah terdapat banyak manfaat, salah satunya mendapat banyak pahala. Selain itu, ia mengimbau, agar mahasiswa bisa menghargai waktu dan disiplin.

“Kita harus tunjukkan Islam di kampus dan harus kuatkan iman dengan beribadah,” ujarnya. Ia juga menyesalkan sikap pemuda yang banyak melakukan kegiatan tidak bermanfaat seperti duduk di warung kopi hingga larut malam. “Ini namanya loss generation,” tandasnya.

Sementara Dekan FTK, Mujiburrahman menyebutkan, kegiatan sholat dhuha berjamaah untuk menjalin silaturrahmi antar mahasiswa, dosen, pimpinan fakultas, serta penguatan akidah, ibadah, dan akhlak bagi mahasiswa.

“Ini juga dalam rangka implementasi budaya Islam oleh mahasiswa,” tuturnya. “Jangan sampai generasi penerus lemah agama dan ibadahnya, kita hari ini ditantang oleh fenomena keagamaan,” lanjut Mujiburrahman.

Ketua panitia, Irfan shiddiq mengatakan, kegiatan sholat dhuha berjamaah merupakan strategi untuk menangkal pendangkalan akidah yang marak terjadi di Aceh belakangan ini. “Mahasiswa sekarang butuh acara seperti ini supaya mereka bisa melindungi diri dari pendangkalan akidah. Selama ini mereka tidak ada wadah,” ujarnya. []

Elsa Isnanda

Mungkin Anda Menyukai