Nih, yang Harus di Perhatikan Sebelum Kamu Ikut Tes Masuk Kuliah

SMA udah tamat nih.. Sebelum lanjut ke bangku kuliah, pasti pada nanya, “Harus kemana ya??”, “Kalo kuliah bagusnya dimana ya?” Tapi, biasanya kalian memang udah punya planning jauh-jauh hari sebelum tamat SMA untuk masuk kemana kan? Apalagi yang memang tamatan 2015 pastinya kalian udah daftar jalur SNMPTN yak? Atau memang udah cari tau hal-hal yang berbau perkuliahan?  Kalo memang udah ya it’s look great, tapi, kalo belom ya bukan berarti kamu terlambat toh kamu masih bisa ikut tes yang dibuka untuk jalur umum.

Truss.. kalo ngomongin tentang tes masuk perguruan tinggi, kira-kira yang harus kamu persiapkan apa aja ya??? Apa kamu harus makan banyak biar tetap sehat dan nggak pingsan pas ikut tes? (yang ada ntar kamu malah gemuk lho :D). Dan  apa kamu harus belajar terus menerus dari Senin sampe Minggu biar nilai kamu mencukupi syarat untuk masuk suatu perguruan tinggi? Atau kamu harus ikut les? Truss kalo orang tua lagi nggak ada biaya untuk ngelesin kamu gimana ya?

So pasti masih banyak lagi pertanyaan lain yang bergelayutan di kepala kamu, iya kan?! Hal ini wajar dan sering terjadi di kalangan calon mahasiswa baru kok.  Hahaha.

Well, buat kamu-kamu yang punya niat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, Saya punya beberapa tips yang dapat memudahkan kamu untuk berfikir lebih tepat (mudah-mudahan :D).  Agar tidak bertele-tele, kita langsung  ke pokok permasalahannya aja ya.

Pertama, Kamu kudu punya link (relasi) minimal dengan kakak kelas sewaktu kamu di SMA dulu.  Jadi, seandainya kamu punya kesulitan pada saat mendaftar atau apapun itu Kamu bisa meminta saran serta pendapat mereka ataupun meminta bantuan dari mereka. Tapi, kamu perlu memastikan bahwa kamu nggak mengganggu waktu kuliah mereka, ok?!

Kedua, kamu harus cari tau tentang info-info seputar pendaftaran untuk masuk kuliah, termasuk juga akreditasi kampus benar-benar harus kamu perhatikan.  Setidaknya kamu kudu milih kampus yang akreditasinya A atau B. Manfaatin aja tu internet untuk nyari apa yang kamu pengen tau.

Pada dasarnya ada banyak jalur untuk mengikuti tes masuk perguruan tinggi, diantaranya SNMPTN/SPAN-PTKIN,SBMPTN/UM-PTKIN, dan juga UMB PT(kalo yang satu ini tesnya lokal yaa). Namun, disini saya akan menjelaskan beberapa hal seputar seleksi umum untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (selain dari SNMPTN/SPAN-PTKIN).

Jalur, waktu, syarat pendaftaran serta tata cara pendaftaran :

  1. Jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) pendaftaran : dibuka tanggal 11 Mei 2015 pukul 08.00 WIB – dan ditutup pada  29 Mei 2015 pukul 22.00 WIB.  Jadi jangan sampai lewat dari tenggat waktunya ya.

Persyaratan pendaftaran:

  1. Bagi siswa lulusan tahun 2013 dan 2014 harus sudah memiliki ijazah.
  2. Bagi siswa lulusan tahun 2015 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  3. Kamu wajib sehat ya 😀

TATA CARA PENDAFTARAN SBMPTN

Ada hal yang kamu perhatiin untuk daftar SBMPTN.

  1. Pendaftaran dapat kamu lakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id.
  2. Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat kamu download dari laman http://download.sbmptn.or.id  mulai tanggal  5 Mei 2015.

Ujian Tertulis (Jadwal : Selasa, 9 Juni 2015)

 Materi Ujian Tertulis terdiri dari:

  1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) → Berlaku bagi semua kelompok ujian SAINTEK, SOSHUM,dan CAMPURAN.
  2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika → Berlaku bagi kelompok ujian SAINTEK dan CAMPURAN.
  3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi → Berlaku bagi kelompok ujian SOSHUM dan CAMPURAN.

 Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Ilmu Seni dan Olahraga.

 (jadwal : tanggal 10 dan/atau 11 Juni 2015)

  1. Ujian Keterampilan bidang Kesenian terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang terkait.
  2. Ujian Keterampilan bidang Olahraga terdiri atas pemeriksaan kesehatan, tes kesegaran jasmani dan keterampilan dasar olahraga.
  3. Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id.

Jumlah Pilihan Program Studi :

  1. Kamu dapat memilih 1 (satu) program studi di PTN manapun.
  2. Bagi kamu yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat kamu mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat di PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian.
  3. Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung per PTN tahun 2015, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2014 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id mulai tanggal 13 April 2015.

 Biaya Seleksi Ujian Tertulis dan Keterampilan :

  1. Biaya seleksi yang harus kamu bayar adalah Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah).
  2. Biaya seleksi dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri atau Bank BNI

Ingat ya..biaya seleksi yang sudah kamu bayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Pengumuman

Hasil ujian yang kamu ikuti akan diumumkan pada hari Kamis, 9 Juli 2015 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.or.id.

  1. UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri → Berlaku untuk tes masuk UIN/IAIN/STAIN) pendaftaran : Dibuka tanggal 12 Mei 2015 sampai 13 Juni 2015 pukul 15.00. Ingat, jangan mendaftar mendekati waktu penutupan ya.

            Persyaratan :

 Kamu harus merupakan lulusan dari  SMA/MA/SMAK/MAK/Ponpes sederajat tahun 2013, 2014, 2015.

            Tata cara pendaftaran :

  1. Jangan lupa untuk menyetorkan biaya pendaftaran ke BANK Mandiri sebesar Rp.100.000 (untuk kelompok ujian IPA/IPS maupun IPC) → Kemudian kamu akan mendapatkan kode akses → Gunakan kode akses untuk mengisi biodata pada laman um-ptkin.ac.id → Print kartu ujian → Validasi ke Panitia Lokasi (PANLOK) tempat ujian berlangsung (tempat ujian dapat dipilih pada saat mengisi biodata pada laman).

Note :

 Tata cara dan contoh pengisian Formulir BANK Mandiri dapat kamu diunduh di:

            –  Petunjuk Pembayaran UM-PTKIN

            –  Cara pengisian Formulir BANK Mandiri

            Jadwal Seleksi :

  1. ujian tanggal 23 dan 24 Juni 2015
  2. pengumuman hasil seleksi tanggal 27 Juli 2015
  3. regrestrasi Mahasiswa Baru (Uang Kuliah Tunggal/UKT) tanggal 28-30

Juli 2015.

  1. pengumuman UKT tanggal 2 Agustus 2015
  2. pembayaran UKT tanggal 3-5 Agustus 2015
  3. website : www.spmb.stainmetro.ac.id
  4. Orientasi Pengenalan Kampus (OPAK) : 18-21 Agustus 2015.

Note : Bagi calon peserta penerima Bidikmisi baik melalui jalur SBMPTN maupun UM-PTKIN  terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id.

  1. Jalur Mandiri Masing-masing PTN

Berhubung setiap Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia teramat sangat banyak dan memiliki waktu pelaksanaan yang berbeda-beda, maka saya akan menuliskan hal-hal seputar jalur mandiri di artikel lain nantinya .

Baiklah, kita akan melanjutkan seputar tips untuk ikut tes ya :D.

Ketiga, kamu harus mempelajari prediksi soal-soal yang kira-kira akan ditanyakan, baik itu pengetahuan umum maupun untuk tes potensi akademik.  Belajarnya Senin sampe Minggu? Ya nggak juga lah :D.  Semua orang pasti udah tau kan kalo belajar itu perlu dan hal ini memang nggak bisa dipungkiri lagi, apalagi kalo kamu punya niat untuk dapat nilai yang lebih dari cukup, tapi ya nggak mesti satu minggu penuh juga kalee :D.

Karena otak kamu juga butuh istirahat lho.  Setidaknya kamu bisa sisakan satu hari buat nge-refresh otak.  Sebaiknya sih kamu ikut les, tapi bagi yang nggak bisa ikut les jangan bersedih hati.  Kamu bisa belajar mandiri dengan cara membeli buku yang memuat contoh-contoh soal kok.

Truss..kalo relasi uda punya, info juga udah, belajar apalagi so pasti udah kan? Kira-kira kamu butuh apalagi ya sebagai alat untuk menyempurnakan semua itu? Ok, setelah semua yang tertera di atas udah fix kamu persiapkan, ada dua hal lagi yang juga penting dan nggak boleh kamu lupakan.  Mau tau? Baca ulasan yang berikutnya ya .

Keempat, kamu harus mengkonsumsi makanan yang bergizi (bukan berarti harus makan sayuran tiap hari ya :D).  Hal ini berfungsi untuk menjaga tubuh kamu agar tetap fit sampai hari-H setidaknya, hahaha.  Dan jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin buat otak ya :D.

Kelima, jangan lupa untuk berdoa dan juga meminta restu dari orang tua kamu.  Karena, perlu kamu tau efek dari doa sangat luar biasa apalagi doa orang tua .

BIG NOTE: JANGAN LUPA UNTUK MEMBAWA SEMUA BERKAS YANG AKAN KAMU BUTUHKAN SEPERTI FOTOCOPY IJAZAH(UNTUK LETING 2013 DAN 2014), SKHU(UNTUK LETING 2015) YANG TELAH DILEGALISIR, SKBB(SURAT KETERANGAN BERKELAKUAN BAIK),DAN JUGA BERKAS-BERKAS YANG LAINNYA YA J

Salam sukses untuk MABA ^_^

 

Penulis bernama Rismayanti, mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Ulang tahunnya sudah lewat satu hari sejak artikel ini terbit.

ilustrasi: internet

Mungkin Anda Menyukai