Rahmad dan Almira Dinobatkan Sebagai Duta Mahasiswa

Sumberpost.com | Banda Aceh – Rahmad Ridha dan Almirahilal dinobatkan sebagai Duta Mahasiswa Generasi Berencana (Genre) 2015 pada malam penganugerahan, Minggu (17/5/2015) di gedung AAC Dayan Dawood. Rahmad dan Almira terpilih setelah menyisihkan 14 finalis lainnya.

Sementara juara dua diraih oleh Wanda Ramadhana dan Misra Hanum, juara tiga diraih oleh Khaliful Ichsan dan Rizky Hawalaina, harapan satu diraih oleh Zanna Saifullah Amri dan Annisa, sedangkan harapan dua diraih oleh Azhiemi Iqbal dan Nora Maghfirah.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh, Muhammad Nasir Ilyas mengatakan, program genre bertujuan untuk mensosialisasikan bahaya dari narkoba, free sex, dan HIV/AIDS agar generasi muda tidak terjerumus ke dalam hal tersebut.

“Ini kita kembangkan, bagaimana generasi muda ini menjadi generasi yang soleh, yang taat dalam konteks syariah. Finalis ini akan turun ke lapangan dan ke sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan program Genre agar masyarakat tidak terjerumus ke dalam hal-hal negatif,” ujar Nasir.

Ia mengharapkan, para finalis duta mahasiswa menjadi motivator dan konselor bagi masyarakat Aceh mengenai program Genre.

Rahmad Ridha, Duta Mahasiswa Genre 2015 putra, mengatakan komitmennya memberantas narkoba, khususnya di Aceh. Menurutnya, saat ini penyalahgunaan narkoba marak terjadi. Untuk memberantas narkoba, ia akan memulai dengan memberi penyuluhan ke sekolah-sekolah mengenai bahaya yang disebabkan dari narkoba.

“Kita peduli kepada mahasiswa dan remaja Indonesia dengan melakukan hal bermanfaat kepada masyarakat Indonesia. Program saya kedepan, lebih fokus kepada narkoba,” kata Rahmad usai dinobatkan sebagai Duta Mahasiswa 2015.

Meski daerah Aceh termasuk penghasil terbesar narkoba jenis ganja, Ia menyatakan siap membantu pemerintah untuk mengurangi dampak penyalahgunaan narkoba.

Selain itu, Almirahilal, Duta Mahasiswa Genre 2015 putri, mengaku senang setelah dinyatakan sebagai juara dalam ajang tersebut. Sebelumnya ia tidak menyangka bisa menjadi Duta Mahasiswa Genre yang akan mewakili Aceh nantinya diajang nasional.

“Ini merupakan salah satu penganugerahan terbesar dalam hidup saya. Saya akan selalu berkomitmen untuk menjalankan program generasi berencana,” tuturnya dibelakang panggung.

Mahasiswa Teknik Sipil Unsyiah ini mengatakan, setuju dengan program Genre dari BKKBN karena bisa meningkatkan kualitas penduduk usia produktif. []

A H Firsawan | Foto : Zuhri Noviandi

Mungkin Anda Menyukai