Untuk Bisa Berbahasa, Harus Punya Tujuan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Ilmu Aqidah Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry menyelenggarakan Seminar Bahasa Internasional di aula fakultas tersebut, Sabtu (12/12/2015).

Dosen Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Baiquni yang menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut mengatakan, kunci utama dalam belajar bahasa, yaitu dengan memiliki tujuan yang jelas. Menurutnya, tanpa tujuan yang jelas, mimpi untuk bisa berbahasa tidak akan tercapai.

“Mimpi tanpa tujuan yang jelas hanyalah sebuah mimpi,” kata Baiquni mengutip salah satu ungkapan seorang ilmuwan.

Ia menjelaskan, tujuan yang jelas itu tergantung pada apa yang diinginkan setiap orang, karena setiap manusia memiliki tujuan yang berbeda. Ketika seseorang mempunyai tujuan yang jelas ia akan bekerja keras untuk mencapai tujuan itu, tutur Baiquni.

Seminar yang berlangsung selama dua jam tersebut selain bertujuan untuk memotivasi peserta agar gemar belajar bahasa asing, juga memberitahu pada para peserta bahwa HMP Ilmu Aqidah membuka les belajar bahasa Inggris dan bahasa Arab yang berlangsung setiap harinya di sekretariat HMP Ilmu Aqidah.

“Belajarnya tidak kami batasi, kalau dalam seminggu bisa datang tiga kali ya tiga kali, kalau bisanya dua kali ya boleh juga,” ujar Nurhafna selaku ketua panitia acara. []

Rismayanti

Mungkin Anda Menyukai