C-Four Bangun Rumah Singgah Anak Kanker

Sumberpost.com | Banda Aceh – Childern Cancer Care Comunity (C-Four) Aceh mengadakan syukuran rumah singgah anak kanker di Lambhuk, Kamis (25/12/2015) sore. Rumah singgah itu nantinya akan ditempati oleh penderita kanker yang membutuhkan tempat tinggal selama berobat di Banda Aceh.

Hadir anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh Darwati A Gani dalam acara itu. Kepada wartawan ia mengatakan, rumah singgah bisa mengurangi beban biaya dari keluarga penderita kanker di luar Banda Aceh. Ia berharap rumah singgah benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat Aceh.

“Hari ini anak kangker sudah bisa menempati rumah singgah, selama ini mereka banyak yang berobat rutin di rumah sakit dengan berbagai tahapan. Dan setelah proses kemoterapi biasanya mereka langsung pulang ke kampong halaman, sementara biaya bolak balik itukan mahal,” ujarnya.

Untuk kesehatan, Darwati menyatakan Aceh termasuk daerah yang mendapat dana tinggi. Sepengetahuannya, rumah singgah untuk anak kanker baru pertama ada di Aceh, dan itu di inisiasi oleh C-Four.

Ia ingin, pemerintah Aceh tidak hanya fokus pada mengobati sakit, namun juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tindakan pencegahan lebih marak dilakukan. Dengan melakukan pencegahan, dana yang dikeluarkanpun menjadi lebih sedikit, tutur Darwati.

Sementara itu, Ketua C-Four, Ratna Eliza mengatakan, rumah singgah merupakan bentuk dari kepedulian pihaknya terhadap anak kanker. Selama ini, ia banyak menangani penderita kanker dari luar daerah dan berasal dari masyarakat kurang mampu.

“Kami dari C-Four tergerak untuk memberi rumah singgah, dimana rumah ini nantinya berfungsi sebagai rumah kedua mereka (penderita kanker). Jika mereka nanti kemoterapi dalam jangka waktu yang panjang, mereka bisa tinggal di rumah ini,” jelas Ratna.

Tidak hanya memberi tempat tinggal, selama penderita kanker tinggal di rumah tersebut, C-Four juga akan mensubsidi kebutuhan konsumsi. Sementara kapasitas rumah singgah tersebut ialah tiga penderita kanker. []

Abd Hadi F

Mungkin Anda Menyukai