Teknik Lingkungan Tanam 400 Pohon Bakau

Sumberpost.com | Banda Aceh – Prodi Teknik Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN Ar-Raniry melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan menanam 400 pohon bakau di pinggiran sungai Rukoh pada Minggu (10/1/2016).

Kegiatan tersebut diikuti oleh dosen dan mahasiswa UIN Ar-Raniry, dekan Fakultas Saintek UIN Ar-Raniry, ketua Prodi Teknik Lingkungan, masyarakat Rukoh, geuchik gampong Rukoh serta dihadiri oleh Wakil Walikota Banda Aceh Zainal Arifin.

Zainal Arifin dalam amanatnya mewakili Walikota Banda Aceh menggambarkan, sebelas tahun yang lalu Banda Aceh ialah kota gersang dan porak-poranda akibat diterjang bencana tsunami. Namun sekarang, Banda Aceh sudah semakin berbenah dan maju.

Kendati demikian, ia prihatin dengan penebangan pohon yang dilakukan tanpa izin dan sembarangan. Bila ingin menebang pohon, kata Zainal, harus ada alasan yang kuat. Ia meminta kepada masyarakat Aceh untuk tidak mengabaikan menanam pohon.

Sementara itu Rektor UIN Ar-Raniry Farid Wajdi Ibrahim mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat. Ia menyatakan, kedepan kampus yang dipimpinnya akan menjadi hutan karena banyaknya pohon, ujarnya disambut tawa masyarakat yang hadir.

“Menanam pohon akan dihitung pahala oleh Allah. Dalam kegiatan ini kita tanam 400 pohon bakau di sepanjang pinggiran sungai Rukoh oleh dosen dan mahasiswa Teknik Lingkungan,” kata Farid Wajdi. []

Nabit Birri |foto: dok. Sumberpost

Mungkin Anda Menyukai