Mahasiswa Biologi Studi Observasi ke Medan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Puluhan Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry melakukan studi observasi ke Sumatera Utara pada Sabtu (16/4/2016).

Menurut Samsul Kamal, selaku dosen pengasuh, studi tersebut bertujuan untuk mengobservasi spesies-spesies hewan, khususnya yang tergolong ke dalam subfilum Vertebrata. Salah satu mata kuliah wajib mahasiswa Pendidikan Biologi adalah Zoologi Vertebrata.

Dalam studi itu, tiap mahasiswa dibekali lembaran kerja untuk mengidentifikasi spesies pada masing-masing kelas berdasarkan hierarki taksonomi (pengelompokan mahkluk hidup) yang ada.

“Observasi ini diikuti 38 mahasiswa, disana kita akan mengunjungi Kebun Marga Satwa Siantar, Rahmad International Wildlife Museum di Medan dan tempat penangkaran buaya di Medan. Kita kembali ke Banda Aceh Selasa, 18 April,” ujar Samsul.

Sari, salah satu peserta studi observasi mengaku bersemangat mengikuti kegiatan itu, selain bisa melihat langsung secara lebih terperinci dapat juga berinteraksi secara langsung dengan hewan yang diamati.

Zoologi Vertebrata sendiri merupakan studi yang mempelajari hewan-hewan yang memiliki ruas tulang belakang.

Magang: Muhammad Ghafar