Jumlah Kecelakaan Mudik Tahun Ini Menurun

Sumberpost.com | Banda Aceh – Kecelakaan lalu lintas (laka lantas) selama masa mudik Lebaran Idul Fitri 2016 di Aceh mengalami penurunan dibanding pada mudik Lebaran Idul Fitri 2015. Jumlah ini berdasarkan pendataan kepolisian selama masa mudik terhitung dari 30 Juni hingga 14 Juli 2016.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Goenawan menyebutkan, jumlah kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan arus balik Idul Fitri 2016 adalah 83 kejadian. Dari jumlah itu, 23 orang meninggal dunia, 54 luka berat, dan 112 orang lainnya mengalami luka ringan. Sementara kerugian material ditaksir mencapai Rp. 182.250.000.

“Pada tahun ini angka laka lantas menurun, ini berkat kesadaran dan kepatuhan berlalu lintas yang membaik dari masyarakat kita,” kata Kombes Goenawan, beberapa waktu lalu di Banda Aceh.

Ia menjelaskan, jumlah ini lebih sedikit dibanding kejadian yang sama pada tahun sebelumnya. Selama mudik Lebaran Idul Fitri tahun lalu, terdapat 95 kejadian laka lantas dengan korban meninggal dunia mencapai 36 orang. Penurunan juga terjadi pada jumlah korban luka ringan dan kerugian material. Luka ringan pada tahun sebelumnya mencapai 153 orang sementara kerugian material mencapai Rp. 429.500.000.

“Penurunan ini juga dikarenakan upaya-upaya yang telah kita lakukan diantaranya yaitu pemasangan spanduk himbauan yang banyak, sosialisasi di media cetak, elektronik dan online, serta adanya pos-pos pelayanan disepanjang jalan,” tuturnya. []

Muhammad Fadhil | foto: M. Rizqy