Kontingen Luar Aceh Ramaikan Panggung Seni

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni, dan Riset (Pionir) VIII PTKIN se-Indonesia di UIN Ar-Raniry pada Kamis (27/4/2017) memasuki hari kedua.

Setelah pembukaan pada Rabu (26/4/2017) kemarin, mulai padi tadi sejumlah cabang mulai diperlombakan. Kegiatan perlombaan ini direncakan akan berlangsung hingga Minggu (30/4/2017) mendatang.

Selain perlobaan, pada malam hari, event dua tahunan ini juga diisi dengan berbagai pentas seni di panggung utama lapangan kampus setempat. Pada malam pertama Rabu kemarin, sejumlah pentas seni ditampilkan, di antaranya yaitu nasyid, tarian, puisi dan sejumlah penampilan lainnya. Semua grup seni itu berasal dari berbagai daerah di Aceh.

Berbeda dengan malam pertama, pada malam kedua, panitia menyungguhkan beberapa penampilan dari grup seni kontingen luar Aceh. Penampilan ini dimulai setelah shalat Insya dan berakhir pukul 23.00 WIB.

Salah seorang panitia, Bilal menyebutkan, pada malam kedua ini ada dua kontingen luar Aceh menampilkan seni daerahnya masing-masing. Kedua kontingen itu yakni UIN Alaudin Sulawesi menampilkan Tari Tulolonna, dan STAIN Bengkalis menampilkan Gurindam.

Selebihnya, kata Bilal, panggung utama diisi oleh penampilan grup-grup seni dari UIN Ar-Raniry dan Aceh lainnya.

“Mereka sudah mendaftar satu hari sebelum Pionir kemarin,” kata Bilal saat dijumpai sumberpost.com di sela-sela penampilan.

Ribuan pengunjung nampak memadati arena pentas seni itu. Hal yang sama juga terlihat di arena stan yang tak jauh dari panggung utama.

Para pengunjung yang datang silih berganti mengunjungi satu per satu stan. Mereka juga menyempatkan diri untuk mengabadikan sejumlah barang-barang unik yang dipamerkan di setiap stan.

Untuk diketahui, Pionir kali ini diikuti 2.250 mahasiswa yang berasal dari 55 PTKIN, yaitu 11 UIN, 32 IAIN, dan 12 STAIN. []

Muhammad Fadhil

Mungkin Anda Menyukai