Fakultas Saintek Datangkan Dosen dari Osaka University

Sumberpost.com | Banda Aceh – Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry mendatangkan dosen tamu dari Osaka University Prof. Stefano Toshiya Tsukamoto, untuk mengisi kuliah umum di aula fakultas tersebut pada Jum’at (7/7/2017).

Selain diikuti mahasiswa dari fakultas tersebut, kuliah umum yang bertemakan “People Centered Disaster Management” itu juga diikuti oleh mahasiswa dari Unsyiah dan Unmuha.

Muammar Yulian, salah seorang panitia menyampaikan bahwa, sebelumnya Stefano juga mengisi kegiatan yang diselengarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA).

“Jadi kami mengundangnya sekalian untuk berkunjung ke UIN Ar-Raniry,” ujarnya.

Dalam kuliah umum itu, Stafano menceritakan pengalamannya ketika bekerja di sebuah lembaga yang fokus di bidang kebencanaan.

Ia mengatakan, selama 18 tahun bekerja di bidang itu, pada umumnya korban jiwa saat bencana datang karena kepanikan, tentu hal ini tidak terlepas dari takdir Allah Swt.

“Selama ini, saya melihat korban jiwa akibat bencana alam karena kepanikan, terutama saat Tsunami. Selain itu, masyarakat tidak cerdas dalam menangapi atau mempelajari sebuah bencana,” jelasnya lagi.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga memperlihatkan sebuah aplikasi yang dapat memberi informasi ketika bencana datang. Aplikasi yang diberi nama CARED itu dapat bekerja sebagai sensor manusia (Human Sensor) menvisualisasikan kondisi bencana. [hsa]

Magang: Adli Dzil Ikram

Mungkin Anda Menyukai