Peduli Rohingya, Organisasi di Aceh Gelar Aksi Teatrikal

Sumberpost.com | Banda Aceh – Massa gabungan dari berbagai organisasi di Aceh melakukan aksi teatrikal peduli Rohingya di tepi Pantai Gampong Jawa, Kamis (7/8/2017).

Organisasi tersebut yakni KAMMI, PMI, YARA, HMI, PII, GPII, KAPMI, PDDA, RADAR, DEMA UIN Ar-Raniry, FOSMA Unsyiah, GEMA MA dan Pemuda Muslimin Indonesia.

Tuanku Muhammad selaku koordinator lapangan mengatakan bahwa aksi ini sebagai bentuk solidaritas masyarakat Aceh terhadap pembantaian di Rohingya.

“Lokasi pantai yang kita pilih itu mengingatkan kita bahwa bagaimana sebelumnya Heroicnya Aceh menerima mereka. Dan kali ini Aceh siap menerima kedatangan Rohingya kembali,” ujar Tuanku Muhammad.

Menurutnya, aksi teatrikal ini membuktikan bahwa dari seluruh dunia masih ada suara-suara yang berupaya memberantas aksi genocida dari rakyat Rohingya.

“Jika memang pengungsi Rohingya harus lari ke Aceh, kita akan berikan penyambutan lebih baik dari sebelumnya,” kata Tuanku Muhammad.

Aksi ini berlangsung khitmat. Para pemain lakon menyita perhatian warga setempat dengan aksi mereka.

Aksi teatrikal ini bertujuan untuk membuat masyarakat Aceh merasakan apa yang dirasakan oleh Muslim Rohingya di Rakhine.

Aksi ini ditutup dengan penggalangan dana untuk disalurkan ke korban kekerasan di Negara Myanmar itu.

Husna | Foto: Riska Munawarah

Mungkin Anda Menyukai