Prof. Janet Steele: Tidak Ada Berita Tanpa Verifikasi

Sumberpost.com | Banda Aceh – Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Sumberpost mengadakan kuliah umum bersama Guru Besar Bidang Jurnalistik Geogre Washington University of USA, Prof. Janet Steele di Aula Rektorat UIN Ar-Raniry, Selasa (19/12/2017).

Dalam materinya yang bertema “Principles of Journalism” Prof Janet berujar, pada era sekarang media sudah kebablasan dalam memanfaatkan hak dan kebebasan pers.

“Saya kurang setuju dengan kebebasan pers. Harusnya yang lebih tepat adalah independensi, dan itu sangat sejalan dengan ajaran Islam,” ungkap Prof Janet saat memberikan kuliah umumnya.

“Kemudian media sekarang dengan mudah menulis berita dari informasi mulut ke mulut, whatshapp dan sebagainya. Padahal jika kembali ke prinsip jurnalisme, tidak ada berita tanpa verifikasi,” ungkapnya tegas.

Ia juga berujar, seorang jurnalis berkewajiban setia kepada warga negara, independen dan memantau penguasa dalam melaksanakan pemerintahannya.

“Jangan kalau kasus pembunuhan dan penculikan saja, orang miskin dimunculkan di media. Giliran yang bagus-bagus, pemerintah yang dimunculkan,” kata Prof. Janet.

Di akhir kuliah umumnya, Prof. Janet berharap kepada seluruh peserta yang didominasi oleh mahasiswa agar menjadi jurnalisme yang profesional dan bekerja dengan hati nurani ketika sudah berada di sebuah media nantinya. [ron]

Magang: Adli Dzil Ikram

Mungkin Anda Menyukai