Dua Disabilitas Ikuti UM-PTKIN di UIN Ar-Raniry

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak dua calon mahasiswa baru penyandang disabilitas mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Islam Negeri (UM-PTKIN) secara khusus di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI)  Lantai 3 UIN Ar-Raniry, Selasa (22/5/2018).

Mereka adalah Muhayyan Ifkar, penyandang disabilitas tuna netra dan Kaula Desriati, penyandang disabilitas tuna rungu.

Menurut pengamatan, soal yang diujikan kepada netra sama seperti peserta lainnya. Tidak menggunakan huruf braile, tetapi dibantu petugas. Soal dan pilihan jawaban dibacakan lalu peserta menjawab dengan suara. Kemudian petugas mengisi bulatan di lembar jawaban.

Rektor UIN Ar-Raniry, Farid Wajdi Ibrahim ditemani para Wakil Rektor (Warek), tim humas, wartawan dan lainnya datang ke lokasi untuk menyaksikan.

Rektor mengatakan, penyandang disabilitas tuna rungu melaksanakan ujian sama seperti peserta lainnya. Sedangkan peserta yang tidak bisa melihat, membutuhkan bantuan petugas.

“Kita beri keistimewaan untuk peserta ini, ada pendamping khusus dan waktu tambahan,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini UIN telah menyediakan fasilitas untuk mahasiswa berkebutuhan khusus di Fakultas Psikologi.

“Secara keseluruhan UM-PTKIN 2018 di UIN Ar-Raniry hingga saat ini tidak ada kendala. Tahun ini juga disediakan tes berbasis komputer untuk 160 orang,” katanya.

Seorang peserta asal Tapaktuan, Trisna Mawardi mengatakan, kendala tidak ada, hanya saja beberapa soal terasa sulit. [ron]

Magang : Cut Della Razaqna

Mungkin Anda Menyukai