Rina Suryani: Bebas dari Sakit Belum Tentu Sehat

Sumberpost.com | Banda Aceh – Memiliki kondisi fisik yang bugar dan terbebas dari penyakit belum tentu sehat. Kesehatan juga melibatkan beberapa komponen penting seperti jasmani, mental, emosional, sosial, spiritual dan societal.

Hal ini disampaikan Rina Suryani Oktari, Dosen Fakultas Kedokteran Unsyiah saat memaparkan materi seminar talkshow bertema “Perlindungan Muslimah dalam Ranah Domestik dan Publik” yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Keputrian UIN Ar-Raniry di Museum Teater kampus setempat, Minggu (21/10/2018).

“Jika kondisi jasmani, mental, emosional, sosial, spiritual dan societalnya tidak sehat maka ia tidak benar-benar sehat,” tegasnya.

Oktari dalam materinya menjelaskan konsep sakit itu ada dua. Pertama, konsep patologis yang merupakan gangguan fungsi fisiologis dari suatu organisme sebagai akibat terjadi infeksi atau tekanan dari lingkungan (disease/penyakit). Kedua, konsep kebudayaan yaitu penilaian individu terhadap pengalaman menderita suatu penyakit (illness/sakit) dan bersifat lebih subjektif.

“Sakit orang itu berbeda-beda tidak bisa disama-ratakan, respon seseorang ketika sakit pun berbeda-beda,” jelasnya.

Ia pun menambahkan, status kesehatan seseorang juga dapat dipengaruhi oleh keturunan, lingkungan fisik dan sosial, budaya, perilaku dan fasilitas kesehatan. Itu sebabnya diperlukan perilaku sehat guna memelihara, mempertahankan dan meningkatkan kesehatan. [dla]

Nur Afni

Mungkin Anda Menyukai