Seminar Kewirausahawan, Muhammad Ridha: Jangan Pernah Menyerah!

Sumberpost.com |Banda Aceh– Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kewirausahaan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, mengadakan seminar dan workshop di Aula Museum Theater kampus tersebut, Minggu (17/11/19).

Workshop bertajuk “Bagaimana Membentuk Karakter Entrepreneurship dan Mencari Uang di Dunia” menghadirkan salah satu pebisnis muda.

Membuat usaha di usia muda bukanlah hal yang baru di kalangan pebisinis. Saat ini sudah banyak kaum muda yang sukses dengan membangun bisnisnya. Mulai dari bisnis kuliner, hingga berbisnis properti dan memiliki perusahaan sendiri.

Muhammad Ridha salah satunya, pemuda kelahiran tahun 2000 ini telah berhasil menjabat sebagai founder dan direktur utama Giant Group.

Muhammad Ridha mulai mengenal bisnis sejak ia masih duduk di bangku SMA. Meskipun tahun 2017 pernah mengalami kebangkrutan, ia tetap melanjutkan bisnisnya hingga saat ini.

“Dari situ orang tua mulai khawatir disaat saya ingin membuka bisnis baru,” katanya.

Ridha juga berbicara mengapa seseorang bisa gagal disaat ingin membuka usaha, karena orang tersebut tidak kompeten, kurang memiliki pengalaman yang baik, kurang dalam mengendalikan keuangan, dan sikap yang kurang sungguh-sungguh.

“Pebisnis itu butuh keberanian bukan hanya modal,” katanya.

Seseorang yang menganut pemikiran kewirausahaan memiliki empat tahap disaat ingin memulai bisnisnya yakni Idea- planning- strategi- succes.

Ridha juga mengatakan pemuda harus optimis terhadap masa depannya.

“Jika menanamkan hal positif di dalam otak, maka hal yang positif yang akan keluar dari otak kita. Jangan pernah menyerah, karena orang yang pantang menyerah akan sulit untuk dikalahkan,” katanya.[]

Reporter: Rama Fitranisa (mag)