Yuk Kenali Istilah-istilah Covid-19 dalam Bahasa Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh – Corona Virus Deases – 19 atau Covid-19 ini pertama kali ditemukan pada tahun 2019 di Wuhan, China. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi Virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) bukan hanya menyerang negara China tapi negara lainnya diseluruh belahan dunia.

Tepat 11 Maret 2020 lalu Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus secara resmi mengumumkan Virus Corona (COVID-19) sebagai pandemi.

Kini virus ini telah memasuki Indonesia, virus ini sudah menyebar keseluruhan daerah di Indonesia termasuk Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Seiring kasus Covid-19 ini terus merebak, istilah istilah baru pun muncul untuk mewakili tingkatan pada masyarakat yang terjangkit Virus ini. Saat ini masyarakat masih sulit mengartikan beberapa istilah yang digunakan pada Covid-19 ini, mengingat beberapa kata yang sulit untuk diingat. Beberapa istilah ini juga dipakai pemerintah dalam memerangi Covid-19.

Berikut dilansir dari laman resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) istilah ini dirubah ke dalam bahasa Aceh yang mungkin mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat lokal.
Yuk kenali istilah nya agar tidak salah menyalahi lagi.

  1. ODP (orang dalam pemantauan) = Gohlom positif keunong corona, tapi dikhawatirkan na potensi geupuwo corona dari luar daerah.
  2. PDP (pasien dalam pengawasan) = Na kemungkinan ureung dengan status PDP nyoe, ka mulai menunjukkan sifeut-sifeut yang mengarah keu ciri-ciri ureung yang keunong corona, contoh lage pileuk.
  3. Suspect = Suspect adalah status sidro-dro ureung yang kanyata deuh geujala dari corona lage pileuk ka parah, mumang, suum asoe, dan lain-lain. Dalam kasusnyo ureung tersebut teungoh geupreh hasil dari Lab, peukeuh positif atau negative.
  4. Positif = Ureung yang kapasti keunong corona menurut hasil dari lab ataupun dokter.
  5. Lockdown = Lockdown adalah keadaan tip-tip ureung hanjeut teubit ataupun tamoeng keu saboh Daerah/wilayah/negara.
  6. Social Distancing = Social distancing, keadaan yang geupeubatas le pemerintah keu masyarakat agar tetap lam rumoh dan cit ek kendaraan umum.

Bukan hanya tingkatan pasien yang terjangkit Virus Corona. Dilansir dari laman web resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga menulis cara pencegahan Virus Corona ini. Berikut 4 cara pencegahan Virus Corona

1.Social Distancing

Peunteng that untuk taceugah dan tapeure potensi meunyeubar Covid-19; jeut taceugah terjadi jih punih that pasien di rumoh saket agar pasien jeut geu rawat deungon get; agar na sep wate bagi ureung yang keunong virus bagah puleh

2. Jaga jarak (Tajaga Jarak)

Paling mit simete ngen ureung laen jeut untuk terhindar dari ureung yang mungkin keunong virus Covid-19; tapeujioh Meutumpok-tumpok Ureung; teumpat yang rame ureung nyan, peu bat acara-acara lage konser, atau moto yang keu mandum ureung, atau tempat wisata, leubeh get tapeujioh dile.

3. Tetap dirumah (Teutap irumoh)

Ta usaha tapubut meurangkapeu aktivitas si uro-uro di rumoh masing-masing dile. Lage kerja, beribadah, meuruno, ataupun but laen.

4. Sinar Matahari (Sinar Mata uro)

Taseudia wate keu meu ade dro meuyup mata uro beungoh. Peukara nyo jeut peuleumoh virus. Ta peupasti cit dirumoh tanyo jeut itamong angen deungan get.

Artikel ini dibuat untuk memberi kesadaran kepada seluruh lapisan masyarakat. Tak terkecuali tenaga medis dan juga pemerintah, agar dapat mensosialisasikan tentang istilah istilah Covid-19 kepada masyarakat terutama kepada masyarakat pedesaan dengan menggunakan bahasa daerah. []

Penulis: Uswatul Farida

Penerjemah: Ahmad Mufti