Pemuda dan DLH Aceh Barat Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Sumberpost.com | Meulaboh – Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap 5 Juni oleh para pecinta lingkungan. Sejumlah pemuda dari berbagai komunitas di Meulaboh melaksanakan aksi gotong royong bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Aceh Barat untuk memperingatinya.

Komunitas ini terdiri dari Gerakan Peduli Lingkungan (GPL) Meulaboh, Timoeh, Forum Anak Aceh Barat, Genre Aceh Barat, Relawan Muda Meulaboh, Literasi Bergerak, Ikatan Agam Inong Aceh Barat dan Genbi UTU. Turut hadir pula TNI AL, Polairud, dan masyarakat sekitar.

Dalam keadaan pandemi, kegiatan dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Peserta gotong royong diwajibkan memakai masker dan menjaga jarak.

Kegiatan yang diikuti oleh 100 orang ini dilaksanakan di Pantai Pasar Baru, Jalan Sudirman, dan Taman Hijriyah sejak pukul 8 pagi. Ada sejumlah 235 kg sampah yang terkumpul dari titik lokasi gotong-royong.

Koordinator Aksi, Fajar Oza Pratama mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian para pemuda terhadap lingkungan.

“Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi,” serunya.

Ia berharap, kegiatan ini dapat membuat masyarakat lebih cepat sadar untuk menjaga lingkungan, terutama dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Kadis Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Barat, Mulyadi berpesan, masyarakat harus ikut berperan dalam menjaga lingkungan.

“Jika di rumah, buang sampah pada tempat nya, nanti petugas DLH akan mengambilnya. DLH akan berupaya semaksimal mungkin untuk meminimalisir sampah di Meulaboh,” ujarnya.

Kegiatan ini juga diikuti oleh sejumlah mahasiswi KKN Tematik asal Universitas Syiah Kuala. [rel]