Jelang UMPTKIN 2021, Ini yang Harus Peserta Persiapkan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Menjelang pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Nasional (UMPTKIN) tahun 2021, panitia lokal Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh melaksanakan simulasi ujian dengan Sistem Secara Elektronik (SSE).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Gunawan Adnan, saat meninjau proses simulasi UMPTKIN 2021, di Gedung ICT Center mengatakan, panitia pusat maupun lokal telah melaksanakan simulasi ujian bagi calon peserta agar proses ujian nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Jelang pelaksanaan UMPTKIN tahun 2021, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh calon peserta agar pada saat pelaksanaan ujian SSE dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga memperoleh hasil yang maksimal,” ujarnya pada Selasa, (18/5/21).

Gunawan Adnan juga menyatakan, sebagaimana sebelumnya, bahwa proses tes melalui jalur UMPTKIN tahun 2021 juga dilaksanakan secara SSE dengan materi tes antara lain Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB) sesuai dengan jurusan yang dipilih.

Namun untuk tahun 2021 ini ditambah dengan tes baca tulis Al-Quran, dimana peserta pada saat menjawab soal tersebut harus mengaktifkan mic untuk merekam suara pembacaan Al-Quran. Selanjutnya pada soal menulis ayat Al-Quran peserta harus menulis pada layar yang ditampilkan, lebih jelasnya silakan membaca detail petunjuk yang telah disiapkan panitia.

Selain itu, Warek I UIN Ar-Raniry mengingatkan juga dengan fasilitas yang digunakan saat mengikuti ujian, antara lain laptop atau android dengan spesifikasi yang standar serta jaringan internet dengan provider yang baik sesuai dengan lokasi masing-masing.

Gunawan menegaskan, mengingat pelaksanaan UMPTKIN masih dalam masa pandemi covid-19 dan juga untuk ikut mencegah penyebaran virus tersebut. Maka UIN Ar-Raniry tidak memfasilitasi peserta yang hadir ke kampus dalam kondisi apapun, untuk itu bagi peserta yang mengalami kendala selama mengikuti ujian dapat menghubungi panitia melalui https://sapa.span-ptkin.ac.id/, nanti dari panitia pusat tersebut yang akan menghubungi kembali masing-masing peserta.

Gunawan berharap, peserta lebih teliti dalam melihat jadwal tes agar jadwal tidak terlewatkan.

“Diharapkan kepada peserta agar teliti dalam melihat jadwal tes masing-masing,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Akademik UIN Ar-Raniry, Fadhli, menyebutkan jumlah peserta yang memilih panitia lokal UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada UMPTKIN 2021 sebanyak 2.819 orang dari total 100.039 peserta se-Indonesia.

Untuk meminimalisir kegagalan ujian dengan jumlah peserta yang mencapai ribuan tersebut, panitia lokal UIN Ar-Raniry juga telah melakukan simulasi tes SSE yang berlangsung selama tiga hari, yaitu 17 hingga 19 Mei 2021 mendatang dan yang hadir dalam simulasi tersebut mencapai 89 persen.

Fadhli meyakini dengan jumlah partisipasi yang mengikuti simulasi tersebut, maka pelaksanaan UMPTKIN tahun 2021 akan berjalan dengan lancar.

“Pelaksanaan UMPTKIN 2021 akan berjalan dengan baik dan lancar tentu dengan catatan para peserta mempersiapkan fasilitas pendukung lainnnya sesuai petunjuk panitia,” katanya. [Rel]