Tips Memilih Usaha di Masa Pandemi Covid-19

Sumberpost.com | Banda Aceh – Berbagai cara dilakukan orang dalam menghadapi pandemi Covid-19, mulai dari berbinsnis hingga merintis sejumlah jenis usaha baru. Saat berbisnis, berbagai tantangan dan rintangan tak ayal juga kerap menghantui para pebisnis.

Menanggapi hal tersebut, Dosen Prodi Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Jalaluddin menyampaikan, dalam memulai bisnis terlebih di masa pandemi Covid-19, para pebisnis harus memiliki mental yang sangat kuat, semangat tinggi, dan jiwa kepemimpinan yang membara.

“Usia tidak mempengaruhi semangat untuk berbisnis, tetaplah berusaha, berdoa dan terapkan 2TDS (Tilawah, Tahajud, Dhuha dan Sedekah), cari ilmu dahulu, praktek kemudian,” kata Jalaluddin dalam Webinar Islamic Economic Young Preneur, pada Senin (14/6/2021).

Jalaluddin menuturkan, terdapat sejumlah cara yang harus dipahami oleh pebisnis dalam memilih usaha di masa pandemi Covid-19, yakni harus mengerti digital marketing, berdagang barang yang kecil atau ringan, mulai dari modal yang kecil, dan hemat ongkos kirim.

Kemudian, memilih berdagang barang yang belum pernah diproduksi, barang tahan lama atau tidak cepat rusak, dan memilih produk yang memiliki branded.

“Dalam berbisnis yang utama ialah harus konsisten. Mulai dengan mencari komunitas bisnis islami, diskusi keluarga, saling mengingatkan antar tim dan pelajari keuangan dalam berbisnis,” katanya.

Lebih lanjut, kata Jalaluddin, perihal memulai sebuah bisnis, hal penting lainnya yang harus diperhatikan ialah bagaimana cara berbisnis yang dianjurkan oleh Rasulullah. Sehingga tidak terjerumus dalam praktek yang mendatangkan dosa.

“Bisnis telah dikenal sejak lama, bahkan Rasulullah dan sahabatnya pun suka berbisnis. Sedari kecil Rasulullah mulai memupuk jiwa pebisnisnya, bahkan di waktu belianya Rasulullah beberapa kali ikut berdagang bersama pamannya ke bumi Syam (Suriah),” pungkasnya.[]

Reporter : Iffah Karima
Editor : Hasni Hanum