Konsolidasi Akbar Dema UIN Ar-Raniry, Mahasiswa Harapkan Subsidi Kuota

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (DEMA UIN Ar-Raniry) melakukan konsolidasi akbar bersama ketua lembaga se-lingkungan UIN Ar-Raniry, guna membahas problem yang dialami mahasiswa UIN Ar-Raniry, di gedung Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UIN Ar-Raniry, Kamis (10/6/2021).

Poin yang di bahas dalam konsolidasi tersebut diantaranya perihal keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan pemberian subsidi kuota mahasiswa.

Subsidi kuota dari pemerintah sangat diharapkan mahasiswa lantaran penyebaran Covid-19 yang tak kunjung mereda yang membuat mahasiswa harus bertahan dengan kuliah dalam jaringan (daring).

Sebagaimana pemerintah telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Dalam surat edaran ini disebutkan bahwa tujuan dari pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) adalah memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat Covid-19, melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19, mencegah penyebaran dan penularan Covid-19.

Adapun tujuan utamanya adalah memutuskan mata rantai Covid-19 dengan kondisi yang ada semaksimal mungkin, dengan tetap berupaya memenuhi layanan pendidikan.

Ahmad Jaden selaku Presiden Mahasiswa UIN Ar-Raniry mengatakan, sependapat dengan pemerintah terkait kondisi saat ini, dimana angka covid yang terus meningkat, terutama di Aceh. Namun yang harus digaris bawahi yaitu setiap peraturan harus disesuaikan dengan solusi yang cerdas. Boleh saja kuliah daring namun mekanisme harus tetap diperhatikan mulai dari kuota Internet, penurunan UKT sampai sistem portal mahasiswa yang lebih baik.

“Nantinya kita dari pihak DEMA UIN Ar-Raniry akan mengadvokasi terkait semua permasalahan ini,” tegasnya.

Selain itu, Rizki Amanda selaku wakil ketua Dema Fisip mengaku bahwa banyak keluhan yang dilontarkan mahasiswa kepada para pimpinan ormawa. Ia juga sangat berterima kasih kepada DEMA-U yang telah memfasilitasi dan menampung aspirasi mahasiswa melalui konsolidasi Akbar ini.

“Mahasiswa sangat terbebani dengan kondisi saat ini, banyak keluhan yang sampai ke kita selaku pimpinan ormawa sehingga hal ini kami sampaikan kepada Dewan Eksekutif Mahasiswa selaku Lembaga tertinggi di UIN Ar-Raniry, kami sangat berterimakasih dengan itikad baik DEMA-U yang telah memfasilitasi forum ini,” pungkasnya.

Reporter : Widdatul Hasanah
Editor : Hasni Hanum