Prodi PMI UIN Ar-Raniry dan DPMG Gelar Program Saweu Gampong

Sumberpost.com | Banda Aceh – Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Provinsi Aceh menggelar kegiatan Saweu Gampong, yang berlangsung di Gampong Cot Lamme, Aceh Besar, Rabu (4/8/2021).

Kepala DPMG Aceh diwakili Kabid Pengembangan Kawasan, Wardana, mengatakan, bahwa fungsi gampong sangat penting dalam mendukung kegiatan ekonomi kreatif kaum bagi ibu, pihak DPMG akan meninjau kembali terkait kecocokan dan potensi yang ada di gampong yang patut dikembangkan agar potensi tersebut bisa menjadi program pengembangan yang bersifat jangka panjang.

“Gampong sangat penting dalam mendukung kegiatan ekonomi kreatif bagi kaum ibu,” katanya.

Dikatakan, hal tersebut dilakukan dalam meningkatkan kapasitas perekonomian masyarakat gampong, pihaknya akan terus melakukan kerja sama untuk mendukung suksesnya kegiatan tersebut.

Menurut Wardana, terlaksananya kegiatan tersebut salah satunya berkat kerja sama Prodi PMI UIN Ar-Raniry bersama Pemerintah Gampong Cot Lamme, ini merupakan Laboratorium Berbasis Masyarakat pada Prodi PMI, DMPG siap terus mendukung kegiatan positif ini.

“Kegiatan sawe gampong ini dilakukan untuk melihat langsung kegiatan produksi ekonomi kreatif Industri Rumahan Perempuan,” ujarnya.

Wardana mengingatkan, kelompok Industri Perempuan yang sudah terbentuk berdasarkan SK Geuchik, dapat menjadi leading sektor yang mendorong dan mendampingi pengembangan kualitas industri rumahan perempuan yang ada di gampong, termasuk dalam promosi bersama, dan juga dalam penguatan jangka panjang agar terbentuk central usaha rakyat untuk oleh-oleh di Kecamatan Kuta Baro yang merupakan daerah lintas menuju Bandara Internasional Inskandar Muda Blang Bintang.

Sementara itu, Ketua Prodi PMI UIN Ar-Raniry, Rasyidah, mengatakan, pihaknya siap membantu dan mendampingi masyarakat untuk maju bersama melalui kegiatan praktikum mahasiswa dan kegiatan pengabdian kolaborasi dosen dan mahasiswa.

“Semoga gampong-gampong di Aceh semakin kuat dan mandiri dalam hal pengembangan ekonomi kreatif masyarakat,” katanya

Menurutnya, salah satu gampong yang dilaksanakan kegiatan tersebut memiliki letak geografis yang sangat menjanjikan, jika masyarakat mampu melihat peluang dan kesempatan, salah satunya peluang bagi gampong yang terletak sepanjang arus jalan arah menuju ke bandara harus ada central usaha ataupun oleh-oleh ciri khas Aceh.

Sekdes Gampong Cot Lamme, Hasyim didampingi Tuha Peut Gampong, Azhari menyampaikan terima kasih kepada pimpinan UIN Ar-Raniry, khususnya Prodi PMI FDK yang telah mengembangkan program pendampingan industri rumahan perempuan di gampong tersebut.

Sehingga masyarakat semakin berkembang usahanya. Gampong juga akan turut mengupayakan dukungan untuk pengembangan selanjutnya. [Rel]