Prodi KPI UIN Ar-Raniry Beri Bimbingan Karir Bagi Alumni yang Baru Lulus

Sumberpost | Banda Aceh – Guna mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja, Program Studi (Prodi) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh memberikan bimbingan karir bagi para alumni yang baru menyelesaikan kuliah (lulus).

Ketua Prodi KPI, Azman mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk membimbing para alumni khususnya yang baru lulus supaya bisa lebih terarah dalam berkarir di dunia kerja.

“Artinya bimbingan ini kita berikan kepada para lulusan-lulusan baru ini bertujuan untuk bisa membekali diri saat mereka berhadapan dengan yang namanya dunia kerja,” kata Azman, di Aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Kamis (10/2/2022).

Kemudian, kata Azman, kegiatan yang mengusung tema “Kreatif dan Inovatif Memanfaatkan Media Menciptakan Lapangan Kerja” ini juga bermanfaat bagi alumni dalam menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan yang dihadapi di dalam pekerjaan.

“Melalui bimbingan ini nantinya kita juga akan tahu mana alumni yang sudah bekerja dan belum bekerja. Sehingga kita bisa membantu mencarikan solusi bersama-sama untuk alumni kita,” tutur Azman.

“Kegiatan ini akan kita lakukan secara continue, dengan pembahasan yang berbeda-beda. Pokoknya ini demi kebaikan kita bersama semua,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Dekan III Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, T. Lembong Misbah menyampaikan, alumni jurusan KPI adalah alumni yang bisa bekerja di mana saja, tergantung kepada pribadinya masing-masing. Antara mau bergerak atau tidak.

“Alumni kita ini dibutuhkan di segala bidang, bukan kita yang butuh lapangan kerja, tapi malah lapangan kerja yang butuh kita,” katanya.

Menurutnya, lapangan kerja yang susah saat ini hanyalah pemikiran orang yang tidak mau berusaha. Kata dia, lapangan kerja tidak hanya pekerjaan di kantor saja, tetapi sangat banyak.

“Sekarang kita bisa belajar dari YouTube, di situ semua ada, jangan terlalu nyaman sama kasur, pekerjaan sedang mencari kita sekarang,” sebutnya.

Lebih lanjut, pada kegiatan bimbingan karir tersebut Prodi KPI turut menghadirkan dua pemateri, yaitu Sekretaris Prodi KPI Pascasarjana UIN Ar-Raniry, T. Zulyadi dan salah seorang alumni KPI yang saat ini menjadi pegiat media, Eva Hazmaini.

Pada bimbingan karir ini, T. Zulyadi memberikan materi bimbingan khusus bagi yang berniat melanjutkan studi ke jenjang S2. Sedangkan Eva Hazmaini memberikan materi yang berkaitan dengan trik dan tips dalam menghadapi dunia kerja. []

Reporter : Rianza Alfandi